5 Langkah Mudah Sukses Berjualan di Internet

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Bisnis Online adalah bisnis yang berbasis di internet. Apapun jenis bisnisnya bisa dipromosikan lewat internet (online), penawaran jasa, jual barang, menjual barang legal/ilegal semua bebas diinternet.


Banyak kisah sukses pengusaha muda yang memulai usahanya lewat internet, dimulai dari tanpa toko lalu lambat tapi pasti dengan penghasilan jualan melalui internet ruko pun dengan mudah bisa dibeli.


Nah bagaimana untuk kita memulai bisnis internet sedangkan kita pun belum tahu banyak apa yang harus dilakukan. Saya punya 5 langkah sederhana untuk memulai bisnis online.


1. Tentukan apa yang mau dijual


Pada dasarnya untuk mendapatkan uang kita harus mampu menjual baik barang/jasa. Jika kita mampu memproduksi sebuah barang kita bisa menjualnya lewat internet. Atau kita punya sebuah keterampilan yang bisa menghasilkan uang. kita juga bisa promosikan lewat internet.


Kalo kita tidak bisa membuat barang kita bisa menjual barang dengan menjadi distributor/reseller. tentu saja kita harus mencari sumber grosiran barang tersebut supaya harganya murah dan kita bisa jual kembali sesuai dengan harga pasar. Baju misalnya kita cari pasar gorsir yang khusus menjual baju untuk dijual kembali contohnya di Tanah Abang. kita akan menemui penjual yg menjual baju dengan harga grosir tentu saja untuk membeli dengan harga grosir kita harus membeli banyak


Setelah kita dapatkan apa yang kita ingin jual diInternet, lalu ambil gambarnya (difoto) satu persatu barang-barang tersebut. berilah sedikit ilustrasi nanti di foto yang akan kita tampilkan di internet.


2. Siapkan perangkat berjualan di Internet


Sebelum maju perang seorang prajurit hendaknya berlatih dahulu dan memahami strategi dalam menghadapi lawan maupun mempergunakan senjata.


Namun dalan bisnis online terutama menjual barang di internet, kita tak perlu bisa dalam banyak hal soal dunia internet. Cukup sediakan koneksi internet, foto-foto produk, hp, tarif jasa pengiriman dan sebuah no rekening dibank besar (BCA diutamakan), yup 5 hal tersebut sudah cukup untuk memulai bisnis online.


3. Promosi di pasar online


Orang tidak akan tahu apa yang kita jual sebelum kita memberitahunya. 2 langkah diatas sudah kita siapkan, kita sudah punya barang yang akan kita jual dan perangkat mendukung untuk berjualan, nah sekarang saatnya promosi.


Bagaimana promosi lewat diinternet mengingat di internet banyak hal terjadi disana. yang kita perlukan adalah media yang tepat dimana para pembeli khususnya orang yang membutuhkan sebuah/banyak barang yang ia ingin dapatkan lewat internet. Syukurlah di Indonesia sudah banyak media efektif yang kita bisa pergunakan untuk menjual barang langsung kepada pembeli. Anda bisa baca beberapa diantaranya disini Pasar Online Indonesia beberapa diantaranya adalah gratis. kita tidak dibebankan biaya apapun untuk berpromosi disana. mudah dan murah.


Beberapa sosial media berbasis internet bisa kita manfaatkan untuk berpromosi diantaranya facebook, twitter dll.


4. Maintenance & Service (Pemeliharaan dan Layanan)


Pemeliharaan dimaksudkan disini adalah meneruskan promosi di pasar online tersebut, ikut aktif dalam berbagai diskusi sehingga kita mudah dikenal diantara para penjual disana dan mendapatkan pembeli dalam waktu dekat.


Upayakan memberikan layanan terbaik untuk para calon pembeli, meski mereka banyak bertanya kita harus tetap ramah melayaninya. calon pembeli banyak bertanya mengindikasikan mereka tertarik atas barang yang kita tawarkan namun informasi tentang barang tersebut kurang jelas. tugas kita selanjutnya adalah melengkapi tentang barang apa yang kita tawarkan, tulis kembali spesifikasi barang, dimensi, keunggulan bahkan kekurangannya. jika deskripsi tentang barang yang kita jual cukup informatif akan membantu kita untuk mengurangi intensitas calon pembeli bertanya.


5. Jaga kepercayaan


Kunci sukses bisnis online adalah menjaga kepercayaan. bisnis online termasuk bisnis yang mengutamakan kepercayaan, dimana pembeli sudah mentrasfer uang kepada penjual(pemilik online shop) dan penjual berkewajiban penuh untuk mengirimkan barang yang sudah dibayar kepada pembeli.


Apapun bisnisnya yang dilakukan secara online maupun offline jika tidak bisa dipercaya maka cepat atau lambat bisnis tersebut akan hancur dengan sendirinya. adalah pilihan anda untuk menjaga atau menghancurkan dikit demi sedikit  bisnis yang anda bangun.


Kesimpulan :


Bisnis online bisa dikatakan bisnis yang bermodal relatif kecil namun sangat luas jangkauannya, orang dibelahan dunia manapun dapat dengan mudah mengakses informasi maupun foto atas apa yang kita tawarkan, jadi jangan heran jika ada orderan dari daerah terpencil sekalipun.


5 langkah diatas adalah langkah mudah yang bisa diterapkan untuk menghasilkan uang di internet. namun ada kalanya 5 langkah tersebut tidak ampuh jika hanya dibaca namun harus diterapkan. Mulailah membangun bisnis online anda sendiri mulai dari kecil pelan tapi pasti impian anda akan terwujud. Tetaplah belajar!

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
5 Langkah Mudah Sukses Berjualan di Internet | admin | 4.5