Pengalaman kami seputar sablon plastisol dan cara menjelaskan

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Sablon plastisol termasuk salah satu jenis yang banyak dicari saat ini. Dan tentang tinta sablon basis minyak ini akan coba sedikit kita diskusikan di artikel ini dan beberapa artikel lain untuk membantu teman-teman yang sedang belajar atau baru mengenal tentang tinta plastisol ini. Penjelasan detail tentang tinta sablon plastisol ini akan saya sajikan tersendiri, disini saya berikan pengantar singkat dulu bahwa sablon plastisol ini adalah jenis tinta sablon solvent base atau berbasis minyak. Berbeda dengan tinta ruber dan lainnya yang banyak kita bahas di website ini. Kenapa saya merasa perlu menyegerakan artikel ini, silahkan baca lebih lanjut ditulisan seputar sablon kaos saya disini.

Ada beberapa kasus menarik yang membuat saya merasa perlu segera membahas tentang sablon plastisol ini. Ada yang saya alami sendiri, ada juga yang dialami oleh teman-teman seprofesi dan juga oleh alumni kursus sablon saya. Ada 3 contoh yang akan saya sajikan lewat artikel ini, silahkan dicermati.

Kasus pertama kebetulan dialami oleh sahabat baik saya, ceritanya begini, teman saya ini adalah salah satu penyablon yang sudah mempunyai alat yang cukup lengkap termasuk curing kecil yang biasa dipakai untuk membantu dalam bekerja menggunakan cara sablon plastisol ini. Suatu hari datanglah seorang konsumen baru yang memasukan order kaos dengan variasi sablon simulated color process. Konsumen ini minta pengerjaannya menggunakan tinta sablon plastisol. Deal pun terjadi diantara keduanya dan orderpun dikerjakan. Setelah jadi dan diserahkan … duuuueeerrrrr … langit yang cerah berubah jadi mendung dan kilatpun seolah menyambar kepala teman saya ini, kenapa ??? tahan dulu sebentar silahkan lanjutkan membacanya …

Yang kedua dialami oleh alumni kursus saya, kasusnya sama hanya saja alumni kursus sablon saya ini belum punya alat selengkap sahabat saya di Solo. Tetapi karena sudah dibekali sedikit trik dari MK dan hasilnya juga bisa 80% bagus akhirnya diapun mulai bermain di plastisol. Tentu saja setelah melakukan pengujian beberapa kali dan membandingkan hasilnya dengan buatan beberapa tempat lain yang se-level dengan mereka. Singkat cerita alumni saya ini juga mendapatkan order yang sama dari konsumen barunya … deal dan prosespun dikerjakan … setelah jadi duuuuueeeerrrrr jugaaa … tiba-tiba kepala cekot-cekot dan rasanya mau muntah karena komplain … kenapa ??? tahan dulu ya jawabannya … baca dulu cerita yang ketiga ini baru nanti kita jawab bersama-sama.

Kalau cerita yang ketiga ini saya sendiri yang mengalami, maksud saya admin saya di MK, ada seorang konsumen datang dan memasukan order sablon plastisol. Jumlahnya cukup banyak sekitar 60 buah atau 5 lusin dengan variasi pengerjaan kombinasi antara block dan simulated color process sederhana. Seperti biasa admin saya selalu hati-hati jika bertemu dengan konsumen baru, apalagi kalau yang diminta adalah sablon plastisol. Sebetulnya MK saat ini tidak menerima sablon jenis ini, tetapi kalau jumlahnya banyak ya gimana lagi he he he … perhatikan baik-baik apa yang dilakukan oleh admin saya dibawah ini.

Sesaat setelah dicek desain dan OK, kemudian admin saya mengeluarkan beberapa contoh sablon plastisol yang ada pada MK, pertama ada 2 kaos yang 1 saya beli dari Jakarta dan 1 nya lagi saya dibelikan alumni saya yang kebetulan sedang honeymoon ke Thailand, ini contohnya,contoh sablon plastisol

Apa komentar calon konsumen saya ini ???!!! KOQ KASAR GINI YA MAS … lanjut dulu ya sebelum saya lanjutkan. Yang kedua diberikan contoh oleh admin saya salah satu hasil sablonan dengan tinta plastisol lainnya. Ada 3 sample disini, 2 adalah buatan peserta kursus sablon MK dan satunya hasil sablonan dari sebuah suplier tinta sablon plastisol yang cukup besar di Indonesia yang sudah dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan rekomendasi pabrik pembuat tinta sablon plastisolnya.

sablon plastisol cmyk

Apa komentar calon konsumen saya ini, sama dengan komentar sebelumnya … KASAR BANGET YA MAS … akhirnya admin saya keluarkan 2 sample lagi, 1 dibuat sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan satunya lagi (sebelah kanan) adalah hasil uji coba saja dari bagian produksi MK untuk melihat effect dari perlakuan tertentu pada sablon plastisol.

sablon plastisol simulated color

Naaa melihat 2 sample ini, akhirnya beliau calon konsumen baru saya ini menunjuk sample yang sebelah kanan dan mengatakan INI BAGUS MAS … bisa nggak dibuat seperti ini. Dan admin saya pun menjawab

“Ini dikerjakan menggunakan cara yang tidak direkomendasikan pabrikan tintanya Pak, apakah Bapak mau ???” …

sesaat kemudian calon konsumen baru saya ini pun berpamitan sambil bilang “Saya akan coba diskusikan ke teman-teman dulu” he he he …

Poin penting soal sablon plastisol

INTINYA adalah, sebagian besar teman-teman calon konsumen kita itu belum paham tetang tinta sablon plastisol , inilah yang penting untuk kita ketahui dan harus pintar-pintar dalam meberikan penjelasan. Untuk 2 kasus diatas yang dialami teman saya dan alumni kursus sablon saya tadi, akhirnya saya sarankan untuk mengikuti saja apa maunya konsumen daripada harus mengganti. Walaupun itu tidak sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan tinta sablon plastisolnya. Saya maunya tipis dan mengkilap, saya tidak mau yang seperti ini, kata si konsumen … BAIK saya akan lakukan, tapi perlu Anda tahu apa yang saya lakukan ini tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan tinta sablon plastisol nya, bagaimana, demikian kata teman saya … OK gak masalah, si konsumen menyatakan demikian … ya udah akhirnya di eksekusi lah orderan tadi. Coba Anda pahami dulu ini sebelum kita melangkah ke materi tentang tinta sablon plastisol lainnya.

Update :

Ini adalah artikel favorite kami yang ditulis pada 12 April 2013, dimana saat itu sedang booming-boomingnya sablon plastisol ini dan buuaaanyak sekali problem karena kurangnya komunikasi. Artikel ini kami upload ulang pada hari ini 5 Desember 2015 buat membantu teman-teman semua khususnya pemula.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Pengalaman kami seputar sablon plastisol dan cara menjelaskan | admin | 4.5