Tentang sablon kaos discharge

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Sablon kaos discharge – Ini adalah salah satu variasi atau teknik sablon kaos yang sangat populer dan banyak disukai. Sablon kaos jenis discharge atau dikenal juga dengan istilah cabut warna adalah salah satu proses sablon yang biasa dilakukan di kain berwarna gelap khususnya hitam. Lewat artikel ini akan kami bahas kembali secara lebih detail tentang sablon kaos variasi discharge ini.

sablon kaos discharge

Prinsip sablon kaos discharge

Pada prinsipnya sablon kaos discharge adalah sebuah proses sablon manual untuk menghilangkan warna dasar atau warna kain dan memasukan warna baru dengan jenis tinta sablon kaos tertentu.

Tujuan dan hasil

Tujuan dari proses ini adalah untuk mendapatkan hasil sablonan dengan warna sesuai keinginan di kaos warna gelap tanpa menggunakan underbase atau tinta sablon kaos rubber yang sedikit tebal. Dan mampu menghasilkan hasil sablonan yang soft dan nyaman dipakai. Sablon kaos discharge ini sangat banyak digemari saat ini dikarenakan hasilnya sangat lembut atau mempunyai handfeel yang soft seperti halnya kalau kita menyablon kaos dengan tinta extender pada kain yang berwarna putih. Bagi yang belum tahu apa itu sablon kaos extender silahkan cari artikel saya tentang hal ini di website sablon manual ini.

Catatan

Tidak semua kain bisa di sablon dengan tekhnik ini, ini sangat penting untuk Anda ketahui sebelum mulai belajar variasi sablon manual yang satu ini. Untuk mengetahui hal ini silahkan baca pada pembahasan tentang “Kain untuk sablon kaos discharge”

Selanjutnya akan kita bahas tentang jenis-jenis kain yang bisa digunakan pada proses sablon kaos discharge ini, silahkan KLIK pada tulisan kembali keatas dan gunakan link diatas untuk melihat ke pembahasan jenis kain yang bisa dipakai untuk proses sablon kaos  discharge ini.

Kursus sablon MK

Didalam kursus sablon kaos manual di CV Margo Kaos Anda juga akan mendapatkan materi tentang hal ini. Anda akan mempraktekan variasi sablon manual ini dan bersama-sama dengan instruktur pendamping Anda, harapan kami Anda memahami secara detail tentang hal ini dan melakukan analisa tentang banyak hal yang hatus Anda ketahui dan Anda perhatikan saat mengerjakan proses sablon kaos discharge ini.

Jenis kain untuk variasi sablon kaos discharge

Seperti telah saya tuliskan diatas bahwa tidak semua kain yang tersedia di toko bahan kaos itu bisa digunakan untuk sablon kaos discharge ini. Warnanya mungkin akan masuk tetapi hasilnya tidak maksimal, bahkan jauh dari maksimal. Lalu jenis kain yang bagaimana yang bisa di sablon discharge ini, perhatikan baik-baik keterangan dibawah ini.

Jenis kain untuk sablon discharge

Pada umumnya bahan yang bisa di sablon kaos discharge adalah jenis bahan kain kaos cotton 100%. Tetapi tidak semua jenis kain tersebut bisa dipakai, hal ini dikarenakan pada kain tersebut walaupun sudah cotton 100% dye-nya atau jenis pewarna kaosnya tidak dischargeable atau dengan kata lain tidak dapat diproses cabut warna. Oleh karena itu ada hal penting lainnya yang harus Anda konfirmasikan dulu ke penjual bahan kaos atau produsennya seperti keterangan dibawah ini.

Membeli kain untuk sablon discharge

Penting untuk lakukan saat membeli kain ini adalah menginformasikan kepada pihak penjual atau produsen kain bahwa kain yang Anda beli ini akan Anda gunakan untuk sablon kaos discharge atau cabut warna. Secara umum kain yang bisa digunakan pada proses sablon manual ini adalah jenis kain cotton yang reactive dimana saat proses pencelupan kain ini menggunakan celupan reactive (vinyl sulphone).

Kendala dilapangan saat membeli kain

Persoalan lain yang kemudian timbul adalah tidak semua toko bahan kain paham tentang hal ini. Alih-alih kalau mereka tidak paham dan mau menyampaikan apa adanya, yang repot adalah kalau ada toko bahan kain yang tidak paham tetapi sok tahu dan nekad memberikan kain seadanya yang penting laku jualannya, ini yang bikin masalah baru.

Selanjutnya akan kita bahas tentang discharge agent atau activator atau bahan tambah khusus untuk proses sablon kaos discharge yang biasa digunakan pada proses sablon manual ini.

Materi ini di kursus sablon MK

Saat Anda kursus disini nanti dalam pembahasannya selain dibekali dengan pengetahuan secara umum tentang bahan ini, Anda juga akan diberitahu info suplier kain ini khususnya yang berada di wilayah Yogyakarta dan Bandung, jadi jangan kuatir.

Discharge agent atau activator untuk sablon kaos discharge

Dalam materi lain di website ini saya sudah upload foto tentang bahan tambah atau discharge agent atau activator yang dikenal dengan nama LC 26. Sekarang akan kembali saya bahas lebih mendalam tentang discharge agent yang umum digunakan dan banyak tersedia dipasaran. Saya banyak mendapatkan informasi akhir-akhir ini bahwa saat ini ada juga discharge agent ini yang berbentuk liquid atau cair, namun demikian sejauh ini saya belum pernah mencobanya. Untuk saat ini yang banyak digunakan adalah yang berbetuk serbuk atau butiran kecil yang kasar yang dijual dalam berbagai kemasan. Beberapa toko sablon mengistilahkan berbeda-beda untuk produk ini namn demikian asalkan Anda paham Anda pasti tahu tentang produk ini. Untuk penggunaan discharge agent yang satu ini memang ada kelemahannya yaitu bau yang sedikit menyengat saat proses berlangsung.

Catatan tentang discharge agent

Ada hal menarik yang perlu Anda perhatikan saat mengerjakan sablon manual discharge ini atau sablon cabut warna. Ada batasan waktu pakai tinta sablon kaos yang telah dicampur dengan discharge agent ini yaitu maksimal hanya 4 jam saja, setelah itu jangan dipakai lagi karena hasilnya sudah tidak bagus. Selanjutnya akan kita bahas tentang proses sablon kaos discharge .

Materi ini di kursus sablon MK

Di kursus sablon kaos kami Anda akan didampingi untuk mempelajari cara pencampurang discharge agent ini dengan tinta sablon kaos khusus yang sudah disediakan. Setelah itu Anda juga akan belajar bagaimana melakukan test warna antara warna pada tinta sablon kaos Anda dan output setelah disablonkan dan lain-lain, dijamin sederhana dan mudah jika belajar bersama kami.

Proses sablon kaos discharge

Sekarang kita masuk ke proses sablon kaos discharge, dalam pengerjaan sablon manual ini sama halnya dengan sablon dengan tinta super white biasa jadi bisa 1 warna, 2 warna, multi warna dan juga raster. Sekarang kita bahas bagaiamana untuk pengerjaan sablon kaos manual discharge ini, pertama siapkan bahan-bahan yang diperlukan, jika belum tahu silahkan cari di artikel lain pada website ini sudah lengkap saya sajikan disini. Siapkan kain yang telah dipotong dipapan kaos, dan perlengkapan sablon lainnya. Campurlah tinta sablon, pewarna dan discharge agent. Sablonkan pada kain dan segera lakukan proses press dengan mesin press untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Jangan menunggu kering untuk melakukan proses press ini, lakukan dalam keadaan hasil sablonan masih agak basah.

Demikian artikel tentang sablon kaos discharge mulai dari pemahaman awal sampai ke proses, artikel ini hanya melengkapi saja dari artikel yang telah ada sebelumnya. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa bagikan info tentang keberadaan website ini melaui facebook atau twitter agar semakin banyak teman-teman kita yang bisa belajar bersama dan saling berbagi melalui website ini.

Catatan : Tulisan asli kiriman dari sdr. Edi HS alumni kursus sablon kaos manual di CV Margo Kaos Yogyakarta Angkt. 17 dan di edit ulang oleh Ibu Sulis.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Tentang sablon kaos discharge | admin | 4.5