Peluang usaha sablon kaos manual saat ini

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Peluang usaha sablon kaos manual – Peluang di usaha sablon saat ini bagaimana Pakdhe ? Apakah masih bagus ? Atau sudah mengalami penurunan karena adanya perkembangan dari digital printing ? ini adalah pertanyaan yang banyak sekali ditanyakan oleh calon peserta kursus sebelum kemudian mereka mendaftarkan diri dan bergabung menjadi bagian dari keluarga besar CV. Margo Kaos Yogyakarta melalui program pelatihan membangun usaha sablon kaos manual di MK

peluang usaha sablon kaos manual

Jujur saya katakan saya ini bukan ahli dibidang “memprediksi” sebuah bisnis, jadi jika ada pertanyaan semacam ini saya lebih senang menjawab dengan pertanyaan balik kepada si penanya sehingga teman-teman yang bertanya akan bisa mengambil kesimpulan sendiri dan akhirnya mengambil sebuah keputusan apakah mau masuk ke bisnis ini atau tidak. Buat teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana saya membantu beberapa teman mengambil kesimpulan tentang peluang usaha sablon kaos manual saat ini silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Dalam sebuah acara bincang bisnis yang diadakan oleh beberapa teman di Yogyakarta, kebetulan saya pernah diminta untuk mengisi salah satu sesi didalamnya yang materinya bebas dan tetap berhubungan dengan masalah entrepreneurship. Berhubung saya bukan pakar bisnis atau ahli dalam hal membawakan materi tentang entrepreneurship secara umum, maka waktu itu saya memilih mengangkat tema tentang bisnis kreatif yang berhubungan dengan sablon kaos manual. Disela-sela saya mengisi materi ini, ada pertanyaan yang kurang lebih sama isinya dengan apa yang akan kita bahas saat ini yaitu tentang prospek usaha sablon kaos manual saat ini apakah masih menjanjikan atau tidak.

Pertanyaan ini muncul ketika sesi tanya jawab saya berikan, seorang peserta menanyakan “Mas, apakah prospek usaha sablon kaos manual saat ini masih menjanjikan atau tidak, mohon tanggapannya ???” optimisme penting dalam menjalankan sebuah bisnis, dan tentu saja jawaban saya adalah masih bagus, tetapi karena saya menjawab ke audience yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda maka seperti biasa saya menjawab pertanyaan ini dengan contoh-contoh saja biarlah teman-teman yang menyimpulkan sendiri.

Waktu itu saya menjawab dengan pertanyaan balik kepada semua hadirin yang ada disana “Baik, sebelumnya boleh ya saya minta tolong, buat teman-teman yang hadiri disini dan memakai kaos oblong silahkan berdiri” … lalu beberapa teman berdiri dan ternyata ada 19 teman yang memakai kaos oblong dari total sekitar 35 peserta yang ada. Lalu saya kembali meminta tolong “Yang kaosnya ada sablonannya silahkan tetap berdiri dan yang polos silahkan duduk kembali” … merekapun dengan senang hati membantu saya dan ada 2 orang yang kemudian duduk karena kaosnya polos atau tidak ada sablonanya.

Dan selanjutnya saya datangi mereka satu per satu untuk memastikan jenis sablonan apa yang ada di kaos mereka, dan ternyata dari 18 orang yang memakai kaos oblong bersablon ini, semuanya memakai sablonan manual, kemudian saya bilang ke mereka “Baik terima kasih, silahkan duduk kembali, dari 19 teman yang memakai kaos oblong tadi ternyata ada 18 yang kaosnya ada sablonanya, dan kebetulan semua sablon manual, silahkan Anda catat dulu”

Selanjutnya saya meminta bantuan lagi ke peserta “Adakah hadirin disini yang berstatus sebagi PNS ?” ternyata ada 3 peserta yang berstatus sebagai PNS, “silahkan berdiri sebentar Pak, adakah yang guru ?” ada 2 orang yang berdiri “Ok, mohon bantuannya … hampir setiap instansi dan sekolah tentu punya seragam olah raga ? betul … Ok, apakah teman-teman tahu sablonan apa yang dipakai di seragam olah raga itu ? … 3 teman menyatakan tidak tahu dan 2 teman menyatakan tahu bahwa sablonannya adalah manual, kemudian saya mencoba memberikan sample dan saya tanyakan “Apakah sablonan dikaos olah raga Anda seperti ini ?” 1 orang menjawab ya sama dengan sample sablon kaos manual yang saya berikan dan 1 orang lagi menjawab kurang memperhatikan, “ok, terima kasih, silahkan duduk kembali.

Sekarang saya mau tanya apakah ada diantara peserta yang ikut dalam komunitas, apapun komunitasnya silahkan angkat tangan ?” karena banyak sekali yang angkat tangan maka saya tidak menghitungnya dan saya hanya menanyakan “Apakah komunitas Anda pernah membuat seragam berupa kaos ?” dijawab “pernah” … “berapa jumlahnya ?” teman ini menjawab lagi “sekitar 120 an kaos” kemudian saya coba berian contoh lagi sample sablonan kaos yang saya pakai “apakah sablonanya seperti ini (rubber, manual) ?” … dijawab “ya sama persis seperti itu” dan saya pun sampaikan pada beliau “baik, terima kasih dan kita lanjutkan lagi” …

Saya kembali mengajukan pertanyaan ke peserta “baik, satu pertanyaan lagi adakah teman-teman disini yang pemilik di distro ?” … ada 1 orang yang angkat tangan, kemudian saya tanyakan lagi “adakah yang sering berbelanja di distro ?” wowww ternyata banyak sekali, kemudian sample kaos distro saya coba berikan ke mereka untuk dilihat dan beberapa temanpun memastikan bahwa sablonan kaos yang ada di distro sebagian besar sama dengan sample yang saya berikan. Ok kalau saya lanjutkan cerita di acara yang luar biasa itu terlalu panjang nanti artikel ini, he he he … langsung saja akan saya tuliskan disini bagaimana saya membantu teman-teman melakukan analisa dengan beberapa pertanyaan tadi.

Data yang kita dapat disini adalah,

  • Dari 19 orang yang memakai kaos oblong di acara ini, 18 diantaranya plus sablon
  • Dari 18 orang yang plus sablon itu tadi semuanya memakai sablon manual
  • Sebagian besar seragam olah raga dari sekolah dan instansi masih menggunakan sablon kaos manual, termasuk seragam-seragam yang dipakai untuk darma wisata dan acara-acara lainnya.
  • Sebagian besar seragam komunitas juga masih menggunakan sablon manual
  • Hampir semua kaos-kaos di distro juga masih menggunakan sablon manual

Nah … dari sini silahkan Anda simpulkan sendiri, menurut Anda apakah peluang usaha sablon kaos manual itu apakah masih bagus atau tidak untuk saat ini dan beberapa tahun kedepan. Data-data tambahan tentu perlu Anda masukan selanjutnya, seperti panjangnya antrian ditempat sablon kaos manual di beberapa tempat, berkembangnya kaos souvenir khas daerah dan masih banyak lagi. Jangan buru-buru mengambil kesimpulan … gunakan data pendukung sebanyak-banyaknya dan gali lebih dalam informasi lain yang menurut Anda bisa memperkuat keputusan Anda nantinya.

Baik, sekian dulu artikel tentang peluang usaha sablon kaos manual dari saya kali ini, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan, sukses bersama, sukses untuk Anda, sukses untuk kita semua. Oh iya sudah baca artikel tentang pameran screen printing, yuk dibaca-baca dulu.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Peluang usaha sablon kaos manual saat ini | admin | 4.5