Berpikir sederhana dan jangan mudah terpengaruh

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

“Pakdhe, satu tahun saya rintis usaha sablon kaos manual ini, saya banyak belajar dari website ini juga dan beberapa sumber lain yang Alkhamdulillah sangat membantu saya dalam merealisasikan ide usaha saya (maaf saya pinjam istilahnya Pakdhe he he he …) dibidang sablon kaos manual ini, masalah yang masih sering mengganggu saya adalah tentang produk bahan-bahan sablon khususnya tinta sablon, selama ini saya masih mudah terpengarh dengan promosi-promosi diberbagai group dan komunitas sehingga masih sering gonta-ganti bahan, dan ternyata benar apa kata Pakdhe di salah satu artikel, lama-lama konsumen tahu juga dan mulai ragu pada saya, … ada nggak cara sederhana yang bisa saya lakukan agar tidak mudah terpengaruh tetapi tetap bisa update informasi (biar nggak dijawab STOP facebookan sama Pakdhe ha ha ha) … mohon masukannya?” … menarik sekali dan banyak kasus yang sama dialami teman-teman, saya tidak akan menasehati tetapi pingin asal ngomong saja disini he he he … kalau ada manfaatnya silahkan dipakai kalau tidak ada tinggalkan.

kursus sablon kaos manual yogyakarta

Merintis usaha sablon kaos manual

Sebetulnya yang Ian alami dan banyak teman lain alami adalah hal yang biasa, saya juga ngalami, guru-guru saya juga ngalami, semua yang mulai dari kecil dengan modal terbatas pasti ngalami. Kenapa kira-kira? … karena kita ingin memberikan hasil yang terbaik, dengan harga serendah mungkin dan kualitas sebaik mungkin. Itulah keinginan kita, tetapi kadangkala keinginan kita yang mulia itu sulit kita wujudkan karena pada kenyataannya yang berlaku ya “ono rego … ono rupa” atau dalam bahasa Indonesia “ada harga … ada kualitas”, walaupun tidak 100% tetapi 99% demikian wakakaka … coba Anda renungkan lagi, kalau saya salah tolong koreksi saya via email atau sms ya. Tetapi setidaknya, apa yang melatar belakangi kita terus mencari-cari tinta dan bahan sablon yang kita bahas tadi adalah sebuah niat baik, sekali lagi catat niat baik … karena kita ingin memberikan yang terbaik untuk konsumen kita.

Kenyataan yang Kita temui

Setelah beberapa waktu mencari dan terus gonta-ganti bahan akhirnya konsumen merasakan adanya ketidak stabilan hasil dan kualitas sablonan Anda, ada yang mungkin baik dan memberi masukan tapi ada juga yang kemudian langsung hilang begitu saja dan tidak order lagi ke tempat Anda. Ini RESIKO yang harus kita hadapi, dan menurut saya tidak ada yang salah disini. Nah … sekarang kita ke pokok persoalannya yaitu, kadangkala kita mudah sekali terpengaruh oleh iklan toko-toko sablon atau suplier tinta sablon baik di online (facebook, website) dan offline, saking kepinginnya dengan iming-iming kualitas yang bagus, dipakai oleh tempat sablon A, tempat sablon B dan tempat sablon C misalnya, masuk ke distro A, distro B dan lain-lain … yang semuanya membentuk opini bahwa tinta dari merekalah yang terbaik.

Tips dari saya

Ini sekedar tips saya saja ya … jangan kemudian dijadikan acuan 100% tetepi bolehlah 99% wakakaka … mari saya bantu berpikir sederhana saja, nggak usah neko-neko dan nggak usah aneh-aneh. Kalau saya mengalami kebingungan seperti ini (dulu saya juga sama dengan Anda) maka saya akan melihat ke beberapa perusahaan besar skala pabrikan ataupun rumahan yang berorientasi pada distro dan eksport, bukan besar tetapi fokus pada seragam dan kaos partai itu lain lagi strateginya. Nah, dari situ Anda akan tahu jenis tinta sablon apa yang mereka pakai, … dengan nama besar mereka dan cakupan pasar lokal dan manca tanpa harus berpikir panjang lagi saya berani memutuskan bahwa merk tinta sablon dan bahan sablon lain yang mereka pakai pasti yang berkualitas dan TERJAMIN KESTABILAN PRODUKNYA. ini yang pertama …

Yang kedua adalah berpikir jangka panjang, kita merintis sebuah usaha pastilah dilatar belakangi oleh berbagai pertimbangan dan salah satunya adalah keinginan agar usaha ini berkembang dan bisa menjadi tumpuan penghasilan. Salah satu faktor agar usaha kita berkembang baik adalah selalu menjaga kualitas, dalam hal ini kita bicara tentang hasil sablonan. Jika kita berpikir untuk jangka panjang maka kita tidak akan mudah terpengaruh oleh tawaran-tawarana yang belum teruji betul dan cukup waktu untuk mengambil kesimpulan. Kadangkala memang ada hal-hal tertentu yang diluar kuasa kita untuk menggali informasi lebih dalam tetapi setidaknya refferensi dari teman Anda atau senior Anda akan sangat membantu dalam hal ini. Dengan berpikir jangka panjang untuk perkembangan usaha kita menjadi lebih baik, tentu kita harus bisa lebih hati-hati dan teliti.

Kenapa TERJAMIN KESTABILAN PRODUKNYA saya tulis huruf besar semua ??? karena ini masalah utama produk-produk tinta sablon kaos manual yang tidak jelas asal-usulnya, tidak jelas pabrikannya dan kadang hanya dikatakan ini sudah ada sejak 20 tahun yang lalu dan sebagainya. Saya tidak pernah mengatakan bahwa tinta-tinta sablon kaos yang tidak jelas pembuatnya itu jelek, tidak … saya tidak mengatakan demikian. Tetapi saya hanya mengatakan bahwa kadangkala produknya tidak stabil. Hari ini baik … besuk beli lagi sudah macet-macet di screen dan gampang kering, besuknya lagi beli baunya berbeda dan lama sekali keringnya, macem-macemlah masalahnya. Tetapi tidak semuaya, beberapa merk tinta yang ada di toko sablon Jogja, Solo, Surabaya dan lain-lain juga ada yang bagus, … intinya adalah KENALI MASALAHNYA DAN CARI SOLUSINYA itulah salah satu bentuk kreatifitas dalam bisnis.

Pilih salah satu merk tinta sablon yang sesuai untuk Anda saat ini, jika ada penawaran tinta merk baru jangan langsung ganti, lakukan test dan ukur dulu. Mungkin 1 atau 2 bulan, jika dirasa memang bagus, hasil stabil dan harga terjangkau oleh Anda baru lakukan penggantian dari merk tinta sablon yang lama ke yang baru. Jangan mudah termakan iklan melalui status-status facebook, website dan yang lainnya. Carilah teman atau mentor dikota Anda, silaturahmilah pada mereka, belajarlah pada mereka dan terimalah nasehat mereka untuk kebaikan dan perkembangan usaha kita diwaktu yang akan datang.

Baik, saya tulis artikel ini bagi Anda yang membutuhkan saja, sekali lagi artikel ini hanya bercerita bagaimana saya dulu memilih tinta sablon kaos manual yang kemudian saya pakai sampai sekarang. Tentu masing-masing individu kasusnya berbeda-beda, jadi jika dirasa bisa dipakai sedikit tips dari saya ini maka pakailah, jika ternyata tidak, coba cari refferensi lain yang lebih pas untuk Anda. Kemudian saya juga mengingatkan pada Anda, jangan pernah membeli sesuatu di toko sablon manapun dengan membawa nama Margo Kaos, contohnya : Anda datang ke Toko Sablon dan bilang “Pak, saya mau beli tinta sablon seperti yang dipakai Margo Kaos” wahhhh … bisa bingung penjualnya, ha ha ha … repot Anda kalau dijawab “Emang apa’an itu Margo Kaos???” wakakaka … MK ini masih perusahaan kecil bos, tidak semua toko sablon tahu keberadaan MK, jadi jangan bawa-bawa nama MK kalau belanja … maluuuuu ha ha ha …

Kecuali jika Anda belanja ke Lucas SPS Bandung, Orison SPS Solo dan Central SPS Solo juga beberapa tempat lain mungkin sudah kenal dengan saya tetapi kalau ke toko-toko yang lain ntar penjualnya malah bingung looo he he he … okay gitu dulu ya, BE YOURSELF … sukses selalu buat kita semua … aamiin

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Berpikir sederhana dan jangan mudah terpengaruh | admin | 4.5