Usaha sablon kaos manual tutup

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Belum pernah saya mendengar sebuah usaha sablon kaos manual tutup karena perusahaan tersebut dalam hal ini owner dan karyawannya tidak menguasai tekhnik sablon kaos manual tertentu, semisal tidak bisa mengerjakan sablon kaos manual metalik ink, CMYK, simulated color, dll … tetapi banyak sekali saya dengar sebuah usaha sablon kaos manual tutup karena gagal dalam hal “manajemen” dan pengelolaan keuangan. Bukan cuma usaha kecil dan baru, usaha besar dan lamapun akan mengalaminya jika ownernya gagal dalam “seni melaksanakan dan mengatur” atau manajemen serta masalah pengelolaan keuangan. Penjelasan tentang hal ini serta beberapa data yang bisa saya sajikan akan coba saya tuliskan dibawah ini.

usaha sablon kaos manual

Usaha sablon kaos pada umumnya

Kenapa saya berani mengatakan bahwa saya belum pernah mendengar sebuah usaha sablon kaos manual tutup karena perusahaan tersebut tidak mampu mengerjakan atau tidak menguasai jenis variasi sablon kaos tertentu. Pertama ya karena memang belum pernah mendengar he he he … selain itu adalah sejak 3 tahun yang lalu MK telah mendampingi kurang lebih 170 peserta kursus, sebagaian diantara mereka adalah pelaku usaha sablon kaos manual yang usahanya sudah jauh lebih lama jika dibandingkan dengan MK. Ada yang sudah 5 tahun, 7 tahun bahkan ada 4 orang yang usahanya sudah diatas 12 tahun. Selain itu MK juga telah dipercaya dalam membantu menjadi konsultan untuk beberapa usaha sablon kaos manual di beberapa tempat di Jateng dan Jatim sehingga saya dan teman-teman di MK melihat sendiri secara langsung subuah “kenyataan” bahwa banyak sekali usaha skala menengah dan besar yang terus berkembang dari waktu ke waktu walaupun pemahaman tekhnisnya tentang jenis variasi sablon kaos manual sangat minim. Ini sangat luar biasa, mari kita lanjutkan diskusi tentang usaha sablon kaos manual ini.

Apa yang menarik untuk kita bahas disini? dari sekian banyak sahabat MK yang telah membuka usaha ini banyak yang tidak tahu apa itu jenis sablonan superwhite dan discharge, apa itu sablonan reflective dan lain-lain. Tetapi kenyataannya adalah usaha mereka tetap eksis berjalan, omzet selalu meningkat dan karyawannya bertambah banyak dari waktu ke waktu. Ini adalah bukti bahwa hanya tahu jenis variasi sablon rubber block-blockan saja sebenarnya usaha sablon kaos manual itu bisa dimulai, karena memang permintaan terbanyak masih didominasi oleh sablon kaos ini.

Lalu kenapa mereka kursus? yang mereka lihat adalah peluang, yang dijadikan pertimbangan adalah peluang, … peluang … peluang … peluang … kenapa? karena mereka melihat bahwa jika saya bisa menambah wawasan tentang jenis variasi sablon kaos manual dan mampu mengerjakannya maka sebagaian order yang saat ini terpaksa ditolak dulu akan bisa diterima dan tentu saja ini akan meningkatkan omzet mereka, betulll … jelas betul sekali he he he. Jadi dengan banyak sekali data yang saya kumpulkan baik dari peserta kursus maupun teman-teman dibeberapa daerah yang sempat kami kunjungi, saya berani mengatakan bahwa sangat kecil sekali kemungkinan sebuah usaha sablon kaos manual akan tutup karena tidak menguasai satu atau beberapa jenis variasi sablon kaos manual.

Kenapa usaha sablon kaos manual tutup

Sebuah usaha sablon kaos manual tutup lebih banyak dikarenakan ketidakmampuan atau kesalahan dalam hal manajemen dan pengelolaan keuangan perusahaan. Bukan hanya perusahaan baru saja yang berpotensi mengalami hal ini, tetapi perusahaan besarpun juga sangat mungkin mengalami. Saya ada sedikit data yang mungkin bisa membantu kita semua untuk belajar dan mengantisipasinya sedini mungkin. Dan ini hanya conth data kasus per kasus yang artinya tidak selalu masalahnya seperti ini. Minimal dengan mengetahui hal ini maka kita bisa memasang rambu-rambu untuk persoalan sejenis. Berikut coba saya sampaikan data-data yang berhasil saya kumpulkan sejauh ini,

  • Tidak tertib administrasi, ini salah satu penyebab paling populer sebuah usaha sablon kaos manual mengalami kondisi yang tidak mengenakkan dan bahkan bisa sampai tutup. Apa yang dimaksud tidak tertib administrasi ini? salah satu contohnya adalah tidak adanya pembukuan, tidak punya pencatatan administrasi produksi, dan lain sebagainya. Semua hanya didasarkan pada ingatan saja tanpa di dokumentasikan dalam pencatatan (mohon maaf kalau istilahnya kurang pas) sehingga masalah yang sering timbul adalah, tidak tahu tentang schedule, pengeluaran, pemasukan, dll. Semoga bisa dipahami.
  • Untuk usaha baru, masalah paling populer adalah pengelolaan keuangan yang kurang tepat, khususnya dalam hal menggunakan uang tanda jadi atau down payment (DP). Ini sangat banyak dan sering terjadi. Sangat memprihatinkan memang ketika seorang sahabat terlalu dini berani memainkan perputaran uang usaha untuk kepentingan pribadi. Sayapun pernah mengalami hal ini dan ini sangat berat jika kita tidak bisa segera mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasinya.
  • Untuk masalah-masalah lainnya semua sudah saya berikan melalui instruktur saya di kursus sablon kaos manual paket all in dan all in plus.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, ada baiknya sejak pertama usaha sablon kaos manual kita buka, hendaknya kita selalu berusaha untuk tertib administrasi, melakukan pencatatan terhadap semua hal yang berhubungan dengan stok bahan, pembelian, penerimaan dan investasi lainnya. Selalu ikuti harga pasar dan jadi perusak harga yang berakibat buruk bagi usaha Anda dikemudian hari. Selain itu jangan pernah main-main dengan pengelolaan keuangan, tunda dulu kesenangan dan fokus pada kepentingan pengembangan usaha Anda. Tidak ada gunanya Anda punya iphone 4s atau BB Z10 tetapi Anda menggunakan uang DP untuk membelinya atau tabungan Anda tetapi Anda belum punya printer A3.

Nah, semacam itulah kira-kira he he he … semoga bisa kita jadikan bahan untuk belajar bersama dan saling mengingatkan agar dikemudian hari usaha sablon kaos kita semua bisa berkembang dengan baik dan sesuai dengan yang kita harapakan. Hormat saya untuk Anda semua calon pengusaha sablon kaos manual dimanapun Anda berada. Gunakan link ini sob buat nengokin artikel tentang alat sablon.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Usaha sablon kaos manual tutup | admin | 4.5