Sumber modal usaha

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Sumber modal usaha – Bagaimana cara mendapatkan modal untuk usaha sablon kaos manual atau untuk usaha lainnya ? Mungkin itu adalah pertanyaan setiap orang yang akan memulai usahanya benar-benar dari “0” sama seperti saya beberapa tahun yang lalu, dan bukan hanya melanjutkan bisnis atau usaha keluarga. Banyak sekali teman-teman termasuk saya yang kebingunan bahkan sangat kesulitan untuk mendapatkan sumber modal usaha ini. Berikut ada sedikit tips dari seorang teman yang mungkin bermanfaat untuk kita semua.Memang modal adalah hal yang sangat penting sehingga orang berusaha mencarinya dengan berbagai macam cara. Kadang ada yang sudah berusaha maksimal namun belum juga mendapatkan seperti yang di inginkan, hal semacam ini seringkali terjadi dan orang terus berada dalam kebingungannya. Namun rata-rata diantara mereka tidak menyerah.

Seperti kita tahu saat ini bisnis atau menjadi pelaku usaha seolah-olah telah menjadi gaya hidup, ditambah dengan munculnya motivator-motivator bisnis dimana-mana. Hal ini bisa menjadi pemicu kuat dan membuat orang berlomba-loma untuk terus memaksimalkan potensi dirinya menjadi seorang pebisnis atau pelaku usaha termasuk menjadi pengusaha sablon kaos manual. Bahkan ada juga yang karena ambisinya tidak terlalu terarah justru membuatnya jatuh dan terpuruk.

Inilah makanya mengapa cashflow menjadi sangat penting dalam membangun bisnis agar tidak keteteran saat memulainya nanti. Perhitungan yang mantap maka akan menghasilkan buah usaha yang sangat luar biasa. Anda bisa menikmati buah dari system yang anda bangun jika memang bisnis tadi tidak sembarangan ketika memulainya.

Modal masih menjadi kendala? Berikut ini ada sedikit tips beberapa sumber modal (pendanaan) untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha :

  1. Dana sendiri.
  2. Dana IMF (Istri-suami, Mertua-orang tua dan Family).
  3. Dana Pegadaian (syariah dan konvensional).
  4. Dana Pemasok (supplier atau vendor).
  5. Dana Mitra Usaha.
  6. Dana Institusi Formal non Bank.
  7. Dana Koperasi Simpan Pinjam.
  8. Dana Perbankan (syariah dan konvensional).
sumber modal usaha

Catatan : Sekedar contoh riil saja, kaos HERNIC ini saya produksi dengan menggunakan tips nomer 5 dari 8 tips diatas dan Alhamdulillah bisa berjalan baik.

Poin penting yang harus diperhatikan dengan seksama :
  1. Untuk memulai usaha sebaiknya gunakan dana sendiri atau IMF (istri-suami, mertua-orang tua dan family).
  2. Untuk usaha yang mulai jalan bisa dapat mengajukan dana dari pemasok (supplier) di Margo Kaos ini sudah saya lakukan dan saya mendapatkan sekitar 5 sd 10 juta setiap bulannya.
  3. Hutang hanya untuk bisnis yang cashflow operasionalnya sudah lancar dan stabil.
  4. Hindari dana rentenir.
  5. Jika belum punya dana sendiri atau dari IMF bisa kerja dulu ikut orang lain nabung ngumpulin dana untuk modal usaha.

Semoga artikel ini membantu bagi teman-teman yang sedang mencari ide untuk mendapatkan sumber modal usaha, khususnya untuk usaha sablon kaos manual.

    Advertisement
    tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

    Sponsored Link:

    loading...
    Sumber modal usaha | admin | 4.5