Jangan hanya fokus di teknik sablon saja

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Teknik sablon – Jangan hanya fokus pada hal-hal teknik sablon saja saat Anda memulai usaha sablon. Ini hanya sala satu dari sekian banyak hal yang harus kita pelajari agar usaha sablon kaos manual yang sedang kita bangun bisa berjalan semestinya dan sesuai dengan harapan kita. Saya masih ingat betul wejangan ini 3 tahun yang lalu dari salah seorang sahabat baik saya, senior saya dan mentor saya dibidang usaha sablon kaos manual ini. Kita akan coba diskusikan hal ini sekarang, sebelumya jika teman-teman belum membaca artikel saya yang berjudul “Anda adalah pengusaha sablon” tolong dibaca dulu, artikel tersebut ada hubungannya dengan apa yang akan kita pelajari bersama di artikel jangan hanya fokus di teknik sablon saja ini.

Saya coba kasih gambaran tentang tentang inti dari pembahasan kita kali ini melalui sedikit cerita seputar pengalaman teman-teman di CV. Margo Kaos dalam mendampingi peserta kursus sablon kaos manual disini. Setelah peserta kursus sablon selesai mengikuti pelatihan dan langsung memulai usaha ada terbentuk pola-pola pertanyaan sebagai berikut,

  1. Pada periode 1 bulan pertama sd kurang lebih 6 bulan, pertanyaan masih banyak tentang hal-hal teknik sablon kaos manual.
  2. Diatas 6 bulan sampai 2 atau 3 tahun pertanyaan sudah berubah menjadi bagaimana cara mempromosikan usaha, bagaimana memanajemen karyawan, bagaimana membuat perencanaan biaya, bagaimana mengelola keuangan, bagaimana membuat schedule produksi, bagaimana memotivasi karyawan, bagaimana mengajari karyawan baru dan lain-lain.
Kalau dicermati, antara pertanyaan teknik sablon dan pertanyaan yang mengarah pada pengelolaan usaha akhirnya akan terjadi perbandingan 70 : 30 , dimana pertanyaan tentang bagaimana melakukan pengelolaan usaha ini porsinya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan hal-hal teknis. Itulah salah satu alasan juga kenapa kursus sablon di Margo Kaos ini selalu antri dan banyak diminati. Karena sebagian teman-teman yang kursus sablon di MK sangat memahami tentang detail materi yang diberkan di MK, hal-hal teknik sablon kaosnya lengkap tetapi masalah pengelolaan usaha juga diberikan secara detail.
Kembali ke topik jangan hanya fokus di tekhnik sablon saja, dari beberapa pertanyaan pada poin 2 diatas sebenarnya sudah cukup menjadikan gambaran bahwa dalam melakukan perencanaan dan membangun usaha sabon kaos manual kita jangan memposisikan diri sebagai tenaga sablon kaos saja. Yang hanya fokus pada pengembangan teknik sablon dan mengabaikan masalah lainnya yang sangat penting dalam usaha sablon kaos manual.
Saya berani mengatakan bahwa, kecil kemungkinan sebuah usaha sablon kaos akan mengalami kebangkrutan karena kalah bersaing dalam hal teknis tetapi sebaliknya sangat besar kemungkinan sebuah usaha mengalami penurunan atau bahkan bangkrut dikarenakan hal-hal berikut ini,
  1. Sering tidak tepat waktu dalam menyelesaikan order, dimana seseorang telah gagal dalam melakukan penjadualan yang baik dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam periode waktu tertentu.
  2. Pengelolaan keuangan yang kacau, ini paling parah, sudah banyak sekali contohnya, uang DP dipakai dulu untuk kepentingan pribadi, dan masalah soal pengelolaan keuangan lainnya.
  3. Produksi tidak berjalan baik karena masalah SDM, banyak sekali kalau diuraikan disini tentang masalah SDM ini, sebagai contoh saja masalah absensi, semangat kerja, penghargaan waktu kerja, prestasi kerja, dan banyak lagi, ini juga sangat bayak dialami oleh teman-teman di dunia usaha sablon kaos manual.
  4. Masalah lain seputar SDM adalah, karyawan yang serig keluar masuk, sehingga waktu kita banyak terbuang untuk selalu mendidik karyawan baru.
  5. Tidak menemukan cara promosi yang effektif di lingkungannya, sehingga usahanya tidak dikenal.
  6. Dan masih banyak lagi.
Jadi, lewat kesempatan ini saya ingin mengingatkan diri saya sendiri dan teman-teman semua, mari kita posisikan diri kita secara utuh sebagai calon pengusaha sablon kaos manual, bukan sebagai tenaga sablon. Profesi sebagai tenaga sablon adalah profesi yang bagus dan sangat kita butuhkan, tetapi kita disini belajar untuk membangun usaha sablon kaos manual sehingga kita harus bisa menempatkan diri dan melihat berbagai hal sesuai dengan tujuan kita. Sekali lagi jangan hanya fokus di hal teknik sablon saja.
Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share melalui facebook dan twitter Anda. Untuk membaca artikel saya lainnya silahkan klik pada link berikut ini.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Jangan hanya fokus di teknik sablon saja | admin | 4.5