Mengelola SDM dengan hati

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
SDM

Hallo… menyapa hangat segenap sahabat Margo Kaos. Artikel kali ini membahas bagaimana mengelola SDM dengan efektif dan efisien, sekaligus bagaimana cara membangun karakter wirausaha sejati.Sebagai wirausaha, kita akan sering dihadapkan pada situasi dilematis dalam mengambil keputusan, terlebih yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) atau Karyawan. Di satu sisi, keputusan harus diambil berdasarkan pengukuran kinerja yang obyektif dan terukur dari karyawan yang bersangkutan. Di sisi yang lain, keputusan memerlukan pertimbangan lain, seperti :

  • Loyalitas dan senioritas karyawan lama
  • Karyawan yang sudah berjuang maksimal namun tidak mencapai standar kinerja yang ditetapkan, karena beragam alasan, antara lain : situasi pasar  sedang lesu, persaingan ketat di pasar, talenta yang dimiliki tidak sehebat temannya, dll.
Wirausaha mesti dapat mengambil keputusan obyektif, berdasarkan kombinasi antara kinerja faktual yang terukur dan faktor “politis” yang berasal dari “kata hati” (wisdom, kebijakan).
Keputusan strategis yang berkaitan dengan SDM mesti dilandasi dengan unsur “kata hati”, agar selaras dengan kehidupan sebagai manusia (human being), serta mengedepankan empati.
Keputusan yang diambil bukan hanya sekedar perhitungan matematis yang diukur dari produktivitas dan kinerja karyawan dalam mewujudkan perputaran uang (Cashflow) kepada Perusahaan.
Well… mengasah dan mengembangkan “kata hati” dimulai dari “tanggung jawab”.
Cakupan tanggung jawab wirausaha tidak sebatas konsekuensi yang terlihat saja, tetapi lebih kepada intensi hati nurani dan moral yang tepat untuk kebaikan diri, semua pemangku kepentingan bisnis, serta  masyarakat luas.
Intinya, mematuhi aturan dan mengikuti etika yang lazim berlaku di dalam masyarakat. Kepatuhan pada pakem ini memudahkan seseorang untuk membangun pagar yang jelas antara baik dan buruk.
Apabila rasa tanggung jawab sudah mengakar kuat di hati, otomatis akan terbentuk karakter wirausaha sejati, antara lain: penuh tangung jawab, integritas, trust (dipercaya orang lain), kreativitas, fokus, kecepatan mengambil keputusan strategis, serta fleksibilitas.
Apabila wirausaha mengelola bisnisnya dengan keteladanan dalam hal “tanggung jawab”, serta mengedepankan empati dan “kata hati” dalam mengelola SDM, tentu saja Karyawan akan memiliki  “loyalitas” kepada Perusahaa. Dan pada umumnya, para karyawan secara otomatis mempunyai “komitmen” pada diri sendiri untuk memberikan yang terbaik kepada Perusahaan.
Adalah seorang wirausaha sejati apabila dapat mengubah rongsokan menjadi emas, apapun bidang yang “disentuh” dalam bisnisnya.  Salam wirausaha Indonesia.

*) Penulis Bambang Triwoko Owner BETIGA Klaten

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Mengelola SDM dengan hati | admin | 4.5