Masa panen usaha sablon kaos manual

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Banyak yang bilang bahwa usaha sablon kaos manual ini termasuk dalam kategori usaha yang stabil, bukan musiman dan banyak sekali dicari orang. Ini pendapat saya pribadi, silahkan jika ada teman-teman yang berpendapat lain tentang hal ini. Usaha sablon kaos juga mempunyai masa-masa “booming” yang kadang menyebabkan konsumen kebingungan mencari tempat sablon kaos yang bisa mengerjakan order kaosnya sesuai dengan waktu yang diinginkannya. Kapan masa “booming” itu sering terjadi, simak catatan saya berikut ini.

usaha sablon kaos manual di masa booming

Masa “booming” usaha sablon kaos manual

Masa “booming” usaha sablon kaos yang saya maksudkan disini adalah, waktu dimana permintaan atau order sangat banyak sekali, sehingga kapsitas menjadi penuh dan permintaan waktu penyelesaian yang relatif sama yang menyebabkan kita sebagai pelaku usaha sablon kaos manual dengan sangat terpaksa harus menolak order atau mengalihkan pengerjaan order kaos yang masuk ke kita ke orang lain jika masih memungkinkan.

“Booming” ini biasa terjadi 3 kali dalam setahun dengan waktu yang relatif berdekatan yaitu pada waktu-waktu sbb,

  • 2 bulan menjelang lebaran
  • Waktu kenaikan kelas
  • Penerimaan siswa / mahasiswa baru

Masa-masa menjelang lebaran adalah waktu dimana order sangat banyak sekali tetapi kita dengan sangat terpaksa harus menolaknya. Sebetulnya secarakapasitas kadangkala kita siap tapi dari sisi dead line kita tidak siap. Perlu strategy khusus untuk menghadapi hal ini, nanti akan saya jelaskan di artikel ini juga. Strategy yang biasa saya pakai ini boleh dibilang tidak begitu bagus, tetapi lumayan buat mendapatkan beberapa order yang sudah tidak memungkinkan lagi.

Setelah kenaikan kelas, juga menjadi moment dimana order sablon kaos kembali naik setelah stabil pada beberapa bulan sebelumnya. Rata-rata adik-adik yang order sablon kaos disini adalah untuk membuat kaos kenang-kenangan dan kaos untuk darmawisata. Memang tidak sebesar saat lebaran ledakan ordernya tapi hal ini juga perlu kita antisipasi.

Saat penerimaan mahasiswa baru, kalau yang ini sudah cukup jelas, banyak seragam-seragam baru dibutuhkan dan pembuatan pakaian kebersamaan lainnya. Menurut catatan saya, jika dibandingkan dengan masa setelah kenaikan kelas, saat penerimaan siswa atau mahasiswa baru ini permintaannya lebih sedikit. Namun demikian sangat penting untuk kita siapkan strategy khusus menghadapinya.

Strategy menghadapi masa booming usaha sablon kaos

Kalau ada yang bertanya kepada saya, berapa kapasitas tempat sablon kaos Anda, saya jawab 2.500 kaos perbulan. Lalu kenapa koq tidak bisa menampung semua order dari pelanggan yang masuk? Nah … ini yang perlu strategy, waktu adalah masalahnya disini. Coba Anda bayangkan, jika order masuk semua tanggal 5 sebanyak 2.500 kaos dari banyak pelanggan saya, kemudian semua minta selesai tanggal 19 pada bulan itu, apa yang terjadi.

Tentu saja saya tidak mampu mengerjakannya, karena kapasitas saya yang 2.500 ini adalah untuk rentang waktu 1 bulan, yaitu mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 30, atau dengan kata lain 30 hari. Nah … disini pentinya strategy yang saya katakan diatas, apa strategy yang saya pakai untuk meghadapi hal ini, silahkan cek dibawah ini,

  • Menyapa pelanggan tetap pada periode waktu tertentu
  • Mempersiapkan lembur dan pengaturan jam kerja

Apa hubungannya menyapa pelanggan dengan masalah booming ini, saya kasih contoh riil saja ya biar mudah dipahami. Saat artikel ini saya tulis, 29 April 2013, 4 bulan kedepan akan menumpuk orderan dari mulai persiapan lebaran dan kenaikan kelas. Untuk itu sejak tanggal 1 April kemarin saya dan teman-teman di Margo Kaos sudah mempersiapkan diri untuk hal itu dengan cara memanfaatkan semua media yang ada untuk mengingatkan, memberitahukan dan menginformasikan tentang layanan di Margo Kaos.

SMS pemberitahuan tentang himbauan untuk memperhitungkan masa booming lebaran dan kenaikan kelas kepada pelanggan tetap saya sudah saya mulai kirimkan sejak tanggal 1 April, demikian juga pemberitahuan, himbauan dan informasi melalui facebook, twitter dan lain-lain.

Saya contohkan gambar diatas ini, status facebook ini saya buat pada 24 April, yang berisi himbauan agar selalu diperhitungkan masa-masa “booming” order pada menjeang bulan Ramadhan dan salah satu pelanggan lama saya yang sudah paham betul kondisi pengerjaan order kaos dibulan-bulan menjelang Ramadhan seperti apa, langsung memasukan ordernya agar tidak kelewatan masa booming penjualan di bulan Ramadhan nanti.

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah pengaturan jam kerja, karyawan kita tentu juga punya acara dan kepentingan lain di rumah, sehingga sebagai pemimpin di perusahaan kita harus bijaksana menyikapi hal ini. Jangan asal main perintah saja, jauh-jauh hari harus sudah kita sampaikan tentang kondisi yang akan terjadi pada saat-saat “booming” usaha sablon kaos manual ini.

Dengan begitu karyawan kita akan punya cukup waktu untuk menyesuaikan diri dan tidak kaget dengan pemberlakuan lembur yang mendadak serta perubahan jam kerja yang kadang harus dimajukan dan lain-lain.

Kunci dari apa yang saya sampaikan disini sebetulnya cuma 1, yaitu KOMUNIKASI, baik itu internal ke tim kerja kita maupun eksternal ke konsumen kita. Dengan komunikasi yang terencana dengan baik dan bijak maka segala persoalan diharapkan bisa terselesaikan dengan baik.

Tulisan saya ini tentu jauh dari sempurna dan banyak kekurangannya, untuk itu silahkan diambil poin-poin pentinya saja dan sesuaikan dengan kondisi Anda. Semoga bisa sedikit membantu dan terima kasih sudah berkunjung ke website ini.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Masa panen usaha sablon kaos manual | admin | 4.5