Fungsi pendampingan usaha sablon

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Usaha sablon – Fungsi pendampingan usaha sablon akan saya bahas kali ini, bisnis sablon bisa dikatakan sebagai salah satu jenis usaha yang sederhana dan modalnya relative kecil. Sederhana tidak sama dengan gampang, tentu ada banyak faktor didalamnya yang tidak bisa kita anggap mudah, tetapi dengan berbekal pengetahuan dan wawasan yang cukup tidak tertutup kemungkinan bahwa usaha sablon bisa dibangun, dijalankan dan dikembangkan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Awal tahun 2011 Margo Kaos Yogyakarta telah meluncurkan sebuah program yang dinamakan dengan program pendampingan usaha sablon kaos manual.

USAHA SABLON

Dan saya masih ingat betul waktu itu banyak sekali kritik yang ditujukan kepada MK, terutama oleh beberapa teman yang kemungkinan memang tidak begitu suka dengan keberadaan kursus sablon di MK yang begitu menyedot perhatian dan sangat diminati sampai saat ini. Banyak yang mengatakan bahwa program pendampingan usaha sablon dari MK ini tidak lebih dari omong kosong belaka, hanya janji-janji tanpa bukti yang akan merugikan pihak-pihak yang tertarik untuk ambil bagian dalam kursus sablon kaos di MK.

Sekarang sudah bulan April 2013, 2 tahun 4 bulan sejak Margo Kaos membuat program pendampingan usaha sablon ini, dan buktinya adalah Margo Kaos tidak hanya mengumbar janji kosong belaka. Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah semua alumni kursus sablon kaos di Margo Kaos bisa kami layani dengan baik dan sebagian dari mereka sangat terbantu dengan adanya program ini.
Sebenarnya apa yang melatarbelakangi munculnya ide pendampingan usaha ini, salah satu yang mendorong saya dan teman-teman di Margo Kaos membuat program ini adalah karena beberapa hal yang banyak dialami Margo Kaos sejak mulai dirintis sampai dengan beberapa waktu usaha sablon ini berjalan. Saya tidak punya latar belakang sablon sama sekali, begitu juga teman-teman di MK semuanya. Saat memulai usaha ini ternyata tidak sedikit persoalan yang dihadapi, mulai dari masalah variasi sablon, cara pengerjaan, penanganan order masal, urusan dengan EO, urusan dengan instansi dan banyak lagi.
Jujur saya katakan waktu itu MK benar-benar jatuh bangun menghadapi berbagai situasi ini, tentu tidak sedikit kerugian yang harus saya tanggung untuk menghadapi berbagai hal baru ini karena saya dan teman-teman tidak punya tempat untuk bertanya, tidak ada website yang memberikan panduan-panduan, tidak ada tempat kursus yang detail, dan lain sebagainya. Saya dan teman-teman di MK harus menghadapinya dengan kondisi apa adanya.
Berbekal pengalaman itu maka MK bertekad bahwa kondisi seperti ini tidak perlu dihadapi oleh setiap orang yang ingin membangun usaha sablon kaos manual. Setelah semua dihadapai ternyata penyelesaiannya pun sebetulnya sederhana dan bukanlah hal yang terlalu berat. Dan oleh karena itu maka MK memberanikan diri untuk membuka program pendampingan usaha melalui kursus sablon kaos manual yang dadakan di Margo Kaos.
Saat ini MK telah mengantongi list atau daftar yang berisikan lebih dari 60 persoalan yang sering dihadapi oleh seorang pemula yang tidak punya latar belakang sablon kaos manual sama sekali saat membuka usaha sablon kaos manual. Dan dari list itulah kita bisa memberikan warning kepada Anda, memberikan masukan kepada Anda, memberikan ide kepada Anda dan hal-hal penting lainnya yang berguna untuk melancarkan usaha Anda.
Program pendampingan usaha sablon ini berlangsung tanpa batas, artinya sejak setelah Anda kursus sampai Anda tidak lagi membutuhkan kami, sampai Anda tidak mau kenal lagi dengan kami … lohhh Pakdhe, apa ada yang demikian, he he he … curcol nee … ya adalah pastinya 1 – 2 orang yang begini, tetapi pada dasarnya tidak apa-apa. Mereka telah memenuhi kewajibannya dan kami juga telah memenuhi kewajiban kami, mereka telah mendapatkan haknya dan kami telah mendapatkan hak kami, selesai, habis perkara he he he … tidak ada yang dirugikan disini.
Bagaimana MK memberikan pendampingan ini, prinsip dasar wirausaha adalah kemandirian, jadi MK tidak akan terlalu memanjakan Anda dengan terus-menerus menuntun Anda dalam melakukan berbagai hal yang akan Anda kerjakan. Tetapi methode yang MK pakai adalah sharing, ketika sebuah persoalan datang pada usaha sablon Anda, maka MK akan meminta Anda membreakdownnya dulu, melihat persoalan secara proporsional dan melakukan pengukuran terhadapnya. Dari situ Anda akan menemukan beberapa poin penting atau kunci dari permasalahan Anda, setelah itu baru kita akan berdiskusi untuk menyelesaikannya.
Yang tidak mudah bagi saya dan teman-teman di MK dalam membantu adalah dalam masalah SDM, khusus yang satu ini memang perlu kesabaran ekstra dan kepiawaian tersendiri dalam pengelolaannya. Bahkan saya sendiri mengakui masaih sangat kurang dalam hal ini. Tetapi dari pengalaman teman-teman lainnya yang coba kami rangkum disini Insha Allah setiap persoalan yang berhubungan dengan masalah ini akan kita selesaikan sama-sama.
Demikian sedikit penjelasan dari program pendampingan usaha sablon kaos manual dari MK. Tujuan utamanya adalah meminimalisir kerugian akibat dari kesalahan proses, kesalahan negoisasi dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan masalah teknis dan non teknis. Semoga MK masih terus bisa membantu Anda diwaktu yang akan datang, dan selalu melakukan update dan perbaikan layanan agar Anda semakin merasa nyaman dan tenang bermitra dengan MK. Salam dari Jogja, sukses selalu untuk Anda semua. Jangan lupa baca artikel saya tentang cara menyablon kaos.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Fungsi pendampingan usaha sablon | admin | 4.5