Tinta sablon kaos waterbase

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Tinta sablon kaos waterbase – Kali ini saya akan membahas tentang tinta sablon kaos waterbase atau yang berbasis air adalah tinta yang sangat umum dan paling banyak digunakan di Indonesia. Tinta sablon kaos berbasis air ini sangat mudah Anda dapatkan dihampir setiap toko sablon kaos dimanapun berada. Tinta sablon kaos waterbase ini begitu populer karena sangat mudah digunakan, bahkan oleh yang masih belajar. Kemudian juga secara umum harganya terjangkau atau murah. Dan tinta sablon kaos waterbase ini tidak memerlukan beberapa peralatan pendukung dan peralatan pengering yang mahal. Dengan adanya beberapa kelebihan itulah maka tinta sablon kaos waterbase ini juga dipergunakan total biaya operasionalnya menjadi relatif sangat rendah dan inlah yang menjadi daya tarik tersendiri dari tinta sablon manual untuk kaos waterbase ini.

Jenis tinta sablon kaos waterbase

Pada dasarnya jenis tinta sablon kaos waterbase ini ada 4 jenis, dan biasanya dikalangan umum jenis-jenis ini dikenal sebagai,

  • Rubber White
  • Rubber Mat / Opaque / Semi
  • Rubber Clear / Transparan
  • Extender

Tinta sablon kaos Rubber White

Secara umum bisa dikatakan bahwa tinta sablon kaos Rubber White ini biasanya digunakan atau difungsikan untuk menyablon diatas kain yang berwarna gelap. Karakteristik tinta sablon kaos ini adalah mempunyai kepekatan yang tinggi, sehingga bisa menutup kain warna gelap dengan baik. Dibeberapa tempat ada juga yang menggunakan tinta sablon kaos ini untuk membuat underbase. Sedikit penjelasan tentang underbase ini adalah proses sablon dasar yang difungsikan untuk menutup warna kain, khususnya kain gelap, yang kemudian nanti diatasnya akan dicetak warna sablon terang. Tidak semua penyablon menggunakan cara ini, di MK sendiri teman-teman tidak pernah menggunakan cara ini.

Beberapa penyablon ada juga yang menggunakan tinta waterbase ini, Rubber White, untuk membuat warna-warna muda seperti pink, abu muda, kuning muda, hijau muda dan lain-lain dengan cara langsung mencampurkan pewarna didalamnya. Tinta sablon kaos ini akan sangat sulit untuk menghasilkan warna-warna tua dan ini sangat tidak saya rekomendasikan kepada Anda karena dalam tinta sablon kaos ini, yaitu Rubber White ada kandungan Titan didalamnya yang merupakan bahan kimia yang dikenal sebagai pigment pemutih. Hal ini menyebabkan, jika kita paksakan maka untuk mendapatkan warna tertentu harus menambahkan pigmen atau pewarna yang sangat banyak (over pigment), dan ini tentu saja akan sangat mempengaruhi kualitas tinta hasil pencampuran itu sendiri dan salah satu akibat yang bisa timbul adalah hasil sablonan mudah pecah dan luntur.

Tinta sablon kaos Rubber Mat / Opaque / Netral

Fungsi utama dari tinta sablon kaos ini adalah untuk menghasilkan warna-warna tajam atau tua, namun demikian bisa juga untuk warna muda. Caranya adalah dengan mencampurkan langsung pewarna sesuai dengan keinginan Anda, tinggal diaduk rata dan tinta sablon kaos pun siap digunakan. Tinta sablon kaos ini didalamnya lebih sedikit mengandung titan jika dibandingkan dengan Rubber White. Jika kemudian ditanyakan kenapa tetap ada unsur titanium didalamnya, maka yang bisa saya sampaikan adalah, titan ini sangat diperukan agar tinta sablon kaos mempunyai kepekatan yang cukup dan mampu menutup pori-pori kain dengan baik.

Tinta sablon kaos Rubber Clear / Transparan

Ada hal menarik saat membahas tinta sablon kaos yang satu ini, bahkan dibeberapa tempat tinta sablon kaos ini begitu “dipuja-puja” karena kemampuannya yang sangat membantu para penyablon kaos manual. Ada 2 fungsi dari tinta sablon kaos ini, yaitu

  • “Bisa” digunakan sebagai underbase
  • Bisa digunakan sebagai top coat

Untuk poin ke 2 diatas ini mungkin Anda sudah tahu karena banyak dibahas di forum-forum lainnya tetapi untuk alasan poin 1 diatas mungkin Anda sedikit bingung ya, kenapa underbase koq dibuat dengan tinta sablon kaos jenis ini, silahkan simak beberapa penjelasan dibawah ini,

Difungsikan untuk menutup pori kain, relatif lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan tinta sablon kaos Rubber white, aman yang dimaksudkan disini adalah jika terjadi sedikit meleset maka hasilnya akan tersamar.
Jika Anda menggunakan tinta sablon kaos rubber white sebagai underbase biasanya Anda akan menemukan kasus munculnya bintik-bintik putih jika terjadi hasil cetak permukaan yang tidak rata atau yang kurang tertutup dengan sempurna.
Didalam tinta sablon kaos jenis ini tidak ada kandungan titanium powder, hal ini menyebabkan hasil sablonan menggunakan tinta sablon kaos jenis ini akan sangat halus dan rata dan hal ini tentu akan sangat mempengaruhi hasil cetakan selanjutnya diatasnya.

Tinta sablon kaos Extender

Tinta extender ini mempunyai karakteristik yang transparan, sepintas tampak mirip dengan tinta sablon kaos Rubber clear. Tetapi kedua tinta sablon kaos ini sangatlah berbeda. Tinta extender ini dibeberapa tempat dikenal dengan nama tinta sablon kaos dasar putih. Atau dengan kata lain, ektender ini memang hanya bisa dipergunakan pada dasar kainputih saja. Hasil cetakan tinta sablon kaos ini sangat soft atau lembut dan dibeberapa temat ada juga yang menggunakan tinta sablon kaos ini untuk mengerjakan proses sablon kaos CMYK.

Demikian pembahasan tentang tinta sablon kaos waterbase ini saya sajikan, beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan akan saya coba sajikan juga agar Anda yang benar-benar masih pemula dan mau belajar tidak kebingungan dan dimanfaatkan oleh toko sablon kaos manual yang kurang bertanggung jawab.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Tinta sablon kaos waterbase | admin | 4.5