Penipuan online berkedok jasa sablon kaos

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Penipuan online berkedok jasa sablon kaos – Semalam sempat chating dengan beberapa teman yang bercerita kalau akhir-akhir ini mulai marak lagi kasus penipuan online berkedok jasa sablon kaos manual. Memang belum sepenuhnya terbukti tetapi ada indikasi demikian, dimana nomer handphone mulai tidak bisa dihubungi, facebook mulai nggak aktif, dan lain-lain. Sebetulnya hal ini bukanlah persoalan baru, karena beberapa waktu yang lalu saya juga pernah membahasnya di website saya ini. Bagaimana modus yang digunakan oleh para penipu ini ???

Penipuan online

Sesuai dengan judul yang saya tulis, penipu ini menggunakan kedok jasa sablon kaos untuk menipu mangsanya. Kadang saya berpikir mungkin dia tidak cuma menggunakan kedok ini dalam menipu, bisa jadi dia juga pura-pura menjadi penjual handphone dan lain sebagainya. Niat awalnya memang sudah mau menipu dan order kaos sablon merupakan salah satu jalur penipuan yang sangat empuk karena ada DP yang harus dibayarkan disitu, dan bisa jadi jumlahnya tidak sedikit.

Semalam saya mendapatkan informasi bahwa modus yang digunakan masih sama saja, yaitu menawarkan jasa sablon kaos atau pembuatan kaos yang harganya sedikit di”miring”kan sehingga sangat menarik bagi calon konsumennya atau dalam hal ini lebih pas disebut sebagai calon korbannya. Dan setelah calon korbannya tertarik, kemudian diminta transfer tanda jadi atau DP dan kemudian sampai sekarang tidak atau belum ada kabar lagi. Kita positive thingking saja dulu, bahwa kondisi saat ini kita sebut sebagai “belum ada penyelesaian”.
Kemudian yang jauh lebih penting adalah bagaimana agar hal ini tidak terjadi lagi, tidak ada “korban” baru lagi, tidak ada lagi yang dirugikan saat bertransaksi secara online ini. 2 tahun yang lalu saya pernah menulis artikel tentang ini, dan saya masih ingat betul waktu itu banyak sekali tanggapan terhadap artikel saya itu, ada yang pro dan ada juga yang kontra. Tetapi yang penting bagi saya bukanlah siapa setuju dan siapa tidak setuju, tetapi lebih pada adanya rasa aman dan nyaman dalam bertransaksi online jika hal ini dilakukan.
Beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya penipuan saat Anda bertransaksi online adalah sebagai berikut,
  1. Jika memungkinkan mintalah bantuan teman Anda untuk melakukan survei ke lokasi usaha milik vendor atau toko yang menawarkan jasa atau produk pada Anda. Contoh yang sering terjadi di Margo Kaos adalah, ada seorang dari Pare-Pare ingin membeli alat sablon kaos manual di Margo Kaos, dia meminta bantuan temannya yang kuliah di Jogja untuk survei ke tempat usaha saya, untuk memastikan keberadaan Margo Kaos. Sekali lagi jika memngkinkan ya … kalau tidak bagaimana ???
  2. Mintalah beberapa nomer rekening, cara ini terbukti sangat effektf dalam meminimalkan kasus penipuan online, contoh, misalkan Anda mau order barang A, setelah deal harga kemudian mintalah nomer rekening BCA misalnya, setelah itu minta lagi BNI, kalau perlu minta lagi Mandiri, apa tujuannya ??? akan lebih aman jika ketiga rekening yang Anda minta itu menggunakan 1 nama. Rata-rata pelaku usaha online yang sudah mapan atau dalam contoh ini jasa sablon kaos online misalnya, pasti menyediakan banyak rekening untuk mempermudah transaksi, dan pastilah namanya hanya 1 bukan beda rekening beda nama.
  3. Jika Anda mendapatkan penawaran melalui website, perlu juga Anda cek jenis websitenya, kemudian frekuensi updatenya. Website yang selalu update seperti halnya website ini jarang sekali digunakan untuk menipu. Kenapa ? karena akan rugi sendiri si penipunya, misalnya saja website ini, banyak yang mengatakan wesbite ini jelek tampilannya, terlalu lugu dan ndeso, tetapi perlu Anda ketahui website ini sudah ditawar Rp. 40jt untuk jaringan dan kunjungannya. Jadi kalau website seperti ini atau yang sejenis digunakan untuk menipu 2 atau 4 juta kan rugi he he he … maaf bercanda.
Sebetulnya masih banyak lagi hal yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan transaksi online Anda khususnya dalam hal jasa sablon kaos manual sesuai dengan yang kita bahas kali ini. Tetapi kadang memang penipu itu lebih pinter dari kita ya … ada juga ya penipu yang terang-terangan dan pandai memainkan kata-kata dan opini sehingga kita tidak pernah merasa tertipu diawal dan baru kemudian sadar setelah beberapa waktu. 
Berhati-hatilah, saya pribadi juga merasa ikut dirugikan dengan adanya serangkaian peristiwa ini, tetapi Alhamdulillah, nama Margo Kaos khususnya dalam hal penyedia layanan jasa sablon kaos, kursus dan penjualan alat sablon kaos manual MFP sudah cukup mengakar dan dikenal luas, sehingga dampaknya tidak begitu terasa bagi saya dan teman-teman di MK. Tetapi bagaimana dengan teman-teman lainnya yang baru mulai ikut masuk ke duinia online, mereka pasti akan sangat terkena dampaknya dengan adanya peristiwa-peristiwa ini.
Baik, demikian artikel ini saya tulis di sabtu pagi yang cerah ini, meskipun tema kita kali ini tentang penipuan online berkedok jasa sablon kaos manual kurang mengenakan untuk dibaca, tetapi tidak ada salahnya kita harus saling mengingatkan, bahkan kepada si penipu itupun kita harus peringatkan agar tidak lagi melakukan hal ini yang bukan cuma merugikan bagi korbannya tetapi juga merugikan bagi penyedia jasa sablon kaos online lainnya, sadarlah sebelum terlambat.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Penipuan online berkedok jasa sablon kaos | admin | 4.5