Wirausaha, adalah pilihan cerdas

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Salah satu indikator perekonomian sebuah negara mendekati tingkat makmur adalah jumlah entrepreneur atau wirausahanya mencapai 2% dari jumlah penduduk. Sebagai perbandingan, di negara maju setingkat Amerika Serikat, jumlah wirausahanya mencapai 11,5%, Jepang 10%, dan Korea Selatan 4%. Sementara jumlah wirausaha di negara tetangga Singapura sudah mencapai 7,2% dan Malaysia 2,1%. Bagaimana jumlah wirausaha dan pengusaha di Indonesia ?


Dari aspek kewirausahaan, saat ini negara Indonesia baru mempunyai sekitar 2.600.000 wirausaha atau hanya 1,1% dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 237,64 juta.

Untuk mendorong kemajuan dan memakmurkan bangsa Indonesia, negara Republik Indonesia masih memerlukan  2,1 juta pengusaha. Angka tersebut diperoleh dari perhitungan 2% dari 237,64 juta jumlah penduduk Indonesia.
Dengan kata lain, bangsa Indonesia masih memerlukan 2,1 juta pengusaha baru untuk menggerakkan roda ekonomi. Angka yang luar biasa besar dan merupakan sejumlah peluang usaha baru yang menggiurkan.
Kesempatan besar untuk meraih kesuksesan anda di dalam menjalani kehidupan. Hanya diperlukan sedikit perjuangan yang relatif tidak sulit untuk meraih kesuksesan tersebut, yakni memilih profesi sebagai wirausaha.
Faktor lain yang menggiurkan adalah, jumlah pertambahan penduduk Indonesia yang mencapai 1,4% setiap tahunnya, artinya populasi penduduk Indonesia bertambah 3,3 juta orang setiap tahunnya, jumlah yang signifikan sebagai pertambahan potensi pangsa pasar pembeli baru untuk barang atau jasa yang ditawarkan oleh wirausaha.
Faktor pertambahan penduduk inilah yang menjadi jaminan prospektif, bahwa setiap usaha bisnis yang akan dijalankan oleh wirausaha baru dengan baik dan bertahap sesuai dengan tahapan prosesnya, maka usaha tersebut akan mengalami perkembangan dan laju tumbuh yang signifikan setiap tahunnya.
Perlu diketahui, bahwa saat ini jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,12 juta orang atau 6,8% dari total angkatan kerja di Indonesia. Jumlah yang akan selalu bertambah setiap tahunnya, karena bertambahnya angkatan kerja baru yang lebih besar apabila dibandingkan dengan jumlah lapangan pekerjaan baru yang tersedia.
Fakta kondisi ketenegakerjaan saat ini menunjukkan, bahwa memilih profesi sebagai karyawan atau pegawai sudah tidak relevan lagi, karena :
  • Tingkat ketersediaan lapangan kerja baru sangat terbatas
  • Lowongan pekerjaan yang tersedia memerlukan kompetensi (pendidikan dan keterampilan) yang tinggi
  • Sistem kepegawaian yang dijalankan perusahaan-perusahaan besar lebih banyak mengacu pada Kesepakatan Kerja dengan jangka waktu tertentu (sistem Kontrak)
Kesimpulan : Memilih profesi karyawan sudah tidak lagi menjanjikan faktor “aman”, karena sistem kepegawaian yang sudah tidak berpihak lagi kepada kepentingan dan kesejahteraan karyawan.
Pilihan cerdas untuk menyelesaikan pengangguran dan meraih kesejahteraan hidup adalah memilih profesi wirausaha sebagai jalan hidup. Wirausaha identik dengan “kebebasan” berpikir, kemandirian, sekaligus “kesejahteraan” hidup, sesuatu yang selalu didamba oleh setiap manusia.
Profesi wirausaha menjadikan anda mempunyai ‘kendali’ kebebasan hidup, serta kendali atas ‘waktu’ sebagai investasi asset paling berharga di dunia ini. Jenis investasi yang akan membuat hidup anda sejahtera. Bersiaplah menjadi sukses dengan menempuh jalur wirausaha.
*) Penulis Bambang Triwoko Owner BETIGA Klaten
Update ketentuan kursus sablon
Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Wirausaha, adalah pilihan cerdas | admin | 4.5