Perbedaan harga pembuatan kaos sablon

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
kaos sablon

Perbedaan harga pembuatan kaos sablon – Pakdhe penyablon-penyablon dikota saya bisa jualan kaos sablon katun harga Rp. 32.000 lho, gimana ya caranya agar harga bisa murah seperti mereka ??? pertanyaan yang sama dan terus menerus ditanyakan. Dalam hal ini ada 2 hal penting yang sangat mempengaruhi. Kalau yang tanya alumni kursus saya, maka hanya akan saya jawab buka lagi materi tentang HPP, lihat kembali pada poin-poin penting yang sangat berpengaruh dengan harga sablon manual ini. Tetapi karena sebagaian penanya bukan alumni maka saya akan coba bantu jawab di artikel ini, silahkan dibaca lebih lanjut yaa …

Jangan bingung dulu jika Anda mengalami situasi ini ditempat Anda membuka usaha, mari kita lanjutkan dulu pembahasannya. Saya berharap Anda telah membaca artikel saya tentang cara menentukan harga kaos, walaupun disitu hanya tertulis pendekatannya saja tetapi secara umum sudah bisa dijadikan gambaran tentang darimana harga itu didapatkan. Kita akan mencoba berdiskusi dengan contoh saja, yang harapannya bisa digunakan untuk melakukan pendekatan dengan apa yang terus saja ditanyakan ini. Kali ini kita akan coba mencontohkan hal dibawah ini,

Si Badu dan si kobing sama-sama tinggal di kota Yogyakarta, tempat mereka membeli kain sama, bahan-bahan sablon sama, jumlah tenaga kerja sama dan semuanya sama. Tetapi manakala kita berandai-andai keduanya hanya boleh mengambil keutungan Rp. 5.000,- saja maka pada harga finalnya si Badu bisa lebih murah dari si Kobing, hal ini sangat mungkin terjadi dikarenakan ada beberapa poin dalam biaya yang memang sangat berbeda diantara keduanya.
Coba Anda perhatikan data-data berikut ini (ini hanya contoh saja)
  • Badu mengolah desain sendiri, sedangkan Kobing order membuat film sablon kaos ketempat lain, meskipun nilainya sangat kecil tetapi sudah ada biaya yang berbeda disini.
  • Badu punya printer sendiri dan si Kobing harus order cetak ke tempat lain, total costnya akan sangat berbeda jika dihitung dengan benar, karena dengan mencetak ditempat lain selain harga perlembarnya jadi lebih mahal juga ada biaya lain-lain disitu yang kadang diabaikan yaitu biaya SDM saat melakukan proses cetak ini, bisa 1 jam, 2 jam, dll.
  • Kemudian tentang jasa jahit, keduanya sama-sama tidak mempunyai mesin jahit sendiri, disini bisa jadi perbedaan biaya timbul karena si Badu bisa memotong sendiri kainnya sedangkan Kobing tidak, sehingga Kobing harus mengeluarkan extra cost untuk biaya potong ditempat lain.
  • Dan lain sebagainya

Intinya adalah, apa yang coba saya sampaikan diatas itu adalah gambaran umum saja tentang poin-poin penting yang bisa sangat berpengaruh terhadap harga atau biaya yang ada saat Anda memproduksi kaos.

Apa yang saya sampaikan ini mungkin terlalu sederhana untuk membantu menjawab pertanyaan Anda secara utuh, tetapi minimal saya berharap Anda sudah punya gambaran disini, kenapa saya menggunakan bahan-bahan yang sama dari sumber yang sama koq harga akhirnya berbeda. Coba Anda gali lagi persoalan ini dan buat list temuan Anda yang bisa Anda gunakan untuk perbaikan dikemudian hari.

Tetapi akan lain lagi ceritanya kalau memang ada bahan-bahan yang berbeda disitu, ini jelas akan berdampak langsung dengan penentuan harga.Misalkan si Badu menggunakan kain semi combeed dan Kobing menggunakan kain combeed, dari harga bahannya saja sudah berbeda bukan, walaupun kadang konsumen juga tidak tahu mana yang kain combeed mana yang semi combeed itu, sehingga konsumen tahunya hanya harga di tempat Badu murah.

Nah, untuk persoalan ini, jika Anda alumni, silahkan dilihat kembali catatan Anda tentang bagaimana melakukan edukasi yang effektif, sopan dan santun tanpa harus menjatuhkan atau membongkar rahasia pihak lain jika ada yang “nakal”. Tetapi jika Anda bukan alumni mungkins saya bisa kasih cara termudah untuk menghadapi hal ini dengan menyediakan sample sebanyak mungkin ditempat Anda dari berbagai pilihan bahan yang ada atau umum dikota Anda.

Dengan begitu Anda bisa memebrikan pengertian kepada konsumen kenapa ada perbedaan harga antara kaos sablon buatan Anda dengan buatan tempat lain. Tetapi ingat Anda tidak perlu secara langsung menyerang pihak-pihak tertentu yang Anda tahu memang sering bermain curang, biarkan konsumen mengerti secara alami dan ini tidaklah sulit sebetulnya. Di Margo Kaos telah dibuktikan hal ini, rata-rata konsumen loyal kami tahu persis tentang bahan-bahan yang MK pakai, tahu sembernya dan tahu kualitasnya, dan akhirnya MK tidak perlu repot-repot lagi ikut-ikutan bertarung harga seperti yang akhir-akhir ini terjadi. Baik sementara ini dulu yang bisa saya tulis saat ini, silahkan dibaca juga artikel sablon kaos lainnya.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Perbedaan harga pembuatan kaos sablon | admin | 4.5