Memilih lokasi usaha

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Lokasi strategis menjadi syarat utama untuk menjalankan usaha, yakni dengan memilih lokasi usaha yang tepat dan sesuai dengan jenis usaha yang akan dilakoni.

Jenis usaha yang dimaksud adalah :

  • Perdagangan / Jasa, misalnya : rumah makan, warung kelontong, bengkel, toko pakaian, apotek, salon kecantikan, usaha fotocopy, dll.
  • Produksi, misalnya : peternakan ayam, budidaya ikan, pabrik tahu dan tempe, percetakan, usaha konveksi, sablon kaos, dll.
Pemilihan tempat usaha, seperti : ruko, kios, pergudangan, sentra produksi, rumah atau kaki lima juga harus pas dengan usaha yang dijalankan.
Pengertian lokasi strategis mencakup aspek penting (disesuaikan dengan jenis usaha yang digeluti), antara lain : dekat dengan calon pembeli, gampang dijangkau pelanggan, kemudahan akses transportasi umum, berada di pusat keramaian publik (pasar, pusat pertokokan, pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, sekolah, rumah sakit), luas lahan, kualitas sumber air, dekat dengan sumber bahan baku dan bahan penunjang, dekat dengan sumber tenaga kerja yang cocok.
Jenis usaha Perdagangan memerlukan lokasi strategis dan ramai, karena biasanya berhubungan dengan pelanggan langsung.
Jenis usaha Produksi, lokasi tidak harus strategis dan ramai. Pada beberapa jenis usaha Produksi justru lebih mengutamakan luas lahan dan kedekatan dengan sumber daya produksi.
Perlu dipertimbangkan pula Rumah sebagai salah satu alternatif untuk memulai usaha. Tentunya dengan mempertimbangkan jenis usaha yang akan digeluti, jangan sampai kegiatan usaha tersebut mengganggu tetangga.
Pemilihan Rumah sebagai tempat usaha, pastinya anda bisa berhemat modal yang cukup signifikan di awal membuka usaha, sehingga alokasi biaya sewa tempat usaha dapat digunakan untuk menambah persediaan barang dagangan, atau digunakan untuk investasi peralatan yang mendukung produksi.
Sebelum menentukan lokasi usaha, seyogyanya dilakukan survei di beberapa lokasi agar dapat dilakukan analis sederhana dengan memperhatikan aspek : jenis usaha yang akan digeluti, segmen pelanggan yang akan dibidik, jenis tempat usaha yang akan dipilih (ruko, kios, kaki lima, tanah kosong, rumah tinggal), alokasi dana sewa tempat usaha .
Perlu dipahami, bahwa lokasi usaha yang strategis pasti sewanya mahal. Sering dijumpai klausul sewa menyewa untuk sekian tahun sekaligus, bahkan dengan kenaikan progresif atas tarif sewa tahunan. Klausul sewa menyewa tersebut bisa menyedot modal usaha yang disiapkan.
Jangan sampai anda mengeluarkan dana terlampau besar demi memilih lokasi paling strategis, namun pada akhirnya sia-sia. Selamat survei lokasi usaha.
*) Penulis Bambang Triwoko Owner BETIGA Klaten

 Pertanyaan seputar alat sablon KM-MFP

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Memilih lokasi usaha | admin | 4.5