Berkomunikasi dan merawat Pelanggan

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Mayoritas pengusaha yang mengeluti usaha skala kecil belum menyadari pentingnya komunikasi dengan pelanggan. Padahal komunikasi dengan pelanggan merupakan aspek penting untuk menjaring dan menjaga loyalitas pelanggan. Cara-cara komunikasi pemasaran yang sederhana dan ampuh bisa dilakukan tanpa harus menguras arus kas. Argumen yang sering dikemukakan adalah :
dana yang dikeluarkan untuk komunikasi tidak membuahkan keuntungan secara langsung, lebih baik dana komunikasi tersebut dialokasikan untuk biaya operasional perusahaan.
Pengusaha lebih mengutamakan kualitas produk dan harga jual yang murah agar laris manis di pasar. Dan ketika sudah laris di pasar, mereka lupa atau enggan untuk berkomunikasi, merawat atau menjaga loyalitas pelanggan.

Sikap meremehkan pentingnya aspek komunikasi kepada pelanggan sering disebabkan oleh lemahnya ‘komitmen’ seorang pengusaha terhadap usaha yang digelutinya. Mereka malas mempelajari hal-hal baru, mencoba, apalagi kuatir bila repot dalam menerapkannya. Di era informasi ini, komunikasi merupakan aspek penting dalam menyikapi perubahan yang terjadi setiap saat. Apabila pengusaha ‘tidak siap’ menghadapi perubahan yang terjadi, tentu saja akan mempengaruhi laju tumbuh bisnis yang digelutinya.
Strategi komunikasi bagi pengusaha skala kecil dapat dilakukan dengan sederhana, berbiaya rendah dan efektif. Beragam media dapat dioptimalkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, antara lain : pelayanan prima, personal brand, kunjungan personal, merek dan kemasan produk yang menarik, spanduk, poster, brosur, media sosial (Facebook Fans Page, Twitter), Instagram, Website, Blog, SMS, mengikuti acara-acara promosi (Pameran, Bazar), dll.
Contoh komunikasi kepada Pelanggan yang efektif, konsisten dan tepat sasaran dapat disimak dari bisnis Margo Kaos Group.
Informasi kepada Pelanggan yang digunakan Margo Kaos Group adalah mengoptimalkan hampir semua media komunikasi yang tersedia di Internet, baik Facebook, Twitter, Website, dll.
Komitmen anda terhadap bisnis yang dikelola, dibarengi dengan kombinasi beberapa media komunikasi yang digunakan, akan menghasilkan komunikasi yang efektif dengan pelanggan, sekaligus menciptakan pelanggan loyal terhadap produk atau jasa bisnis anda.
Pelanggan loyal akan menciptakan ‘repeat order’ yang berujung pada pertumbuhan bisnis dan kesejahteraan anda. Berkomunikasi dengan pelanggan, salah satu kunci sukses bisnis anda.
*) Penulis Bambang Triwoko owner BETIGA Klaten

Untuk membaca artikel sablon manual lainnya silahkan klik pada link yang tertera dibawah ini,

Perkembangan dunia sablon kaos saat ini

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Berkomunikasi dan merawat Pelanggan | admin | 4.5