Tinta sablon kaos manual

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Tinta sablon kaos – ini manual adalah materi yang akan kita bahas hari ini. Dalam pembahasan kali ini Pakdhe hanya akan fokus pada tinta sablon kaos manual berbasis air saja atau yang diistilahkan waterbase inks. Apa yang akan Pakdhe sampaikan disini hanya pada tinta sablon rubber saja, nanti saat anda mulai praktek baru pakdhe akan melengkapi artikel ini dengan jenis tinta sablon lainnya untuk melengkapi variasi sablon yang akan anda praktekan. Sudah siap belajar ??? mari kita mulai pembahasan kita kali ini.

Tinta sablon kaos manual secara umum terdiri dari 2 jenis tinta, yaitu yang pertama adalah tinta yang berbasis air atau biasa disebut dengan waterbase inks dan tinta sablon yang berbasiskan minyak atau biasa disebut dengan solvenbase. Tinta solvenbase ini dipasaran dan toko-toko sablon lebih dikenal atau sering disebut dengan istilah tinta plastisol.Baik, jangan pikirkan dulu yang berbasis minyak itu kayak apa, sekarang kita fokuskan ke yang berbasis air.

Karena nanti anda akan sekaligus mempraktekan cara belanjanya, maka Pakdhe akan memberikan pemahaman dengan bahasa yang biasa digunakan di toko-toko sablon agar lebih mudah dalam nanti anda bertanya saat berbelanja. Tinta sablon biasa disebut dengan cat sablon juga, untuk saat ini anda hanya perlu tahu dulu tentang tinta sablon rubber. Tinta sablon kaos ini adalah yang paling banyak digunakan oleh para penyablon. Merk dan kemasan untuk tinta sablon ruber ini sangat banyak sekali dipasaran dan ini yang sering membuat yang masih belajar bingung bagaimana memilihnya. Dari sisi merk saja ada yang namanya mirip-mirip ini akan lebih membingungkan lagi nantinya. Kalau soal kemasan mungkin tidak begitu masalah untuk anda karena hanya masalah packing saja.

Baik sekarang kita akan bicarakan tentang tinta sablon rubber ini secara lebih mendalam, yang harus anda tahu adalah jenis tinta sablon rubber ini untuk satu merk tertentu biasanya terdiri dari 2 atau 3 jenis. Yaitu ada,

  • Tinta sablon rubber white
  • Tinta sablon rubber opaque atau ada yang menyebut netral
  • Dan, tinta sablon rubber clear atau transparan

Saya kasih contoh ya biar lebih mudah dipahami, jika anda menggunakan tinta sablon merk Matsui maka anda akan menemukan ketiga jenis tinta yang saya tuliskan diatas tadi yaitu tinta sablon rubber white, opaque dan clear. Tetapi jika anda membeli merk Furukawa, maka hanya tersedia 2 jenis saja yaitu white dan clear atau transparan. Jangan bingung, nanti Pakdhe bantu dengan penjelasan lebih detail di materi lanjutan.

Selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi dan kegunaan masing-masing jenis tinta sablon kaos ini mulai dari white, opaque atau netral dan clear atau transparan.

  • Tinta sablon rubber white, kebanyakan digunakan sebagai underbase atau dasar, selain itu juga digunakan untuk membuat warna putih block dan bisa juga digunakan untuk mendapatkan hasil warna-warna pastel atu muda. Tinta sablon rubber white ini sangat pekat sehingga daya tutupnya sangat mudah.
  • Tinta sablon rubber opaque atau netral, ini digunakan untuk pembuatan tinta dengan warna-warna tua.Seperti merah, biru, hitam dan lain-lain.
  • Tinta sablon rubber clear atau transparan ini biasa digunakan untuk pengerjaan sablon kaos CMYK

Sampai disini Pakdhe berharap anda sudah cukup punya gambaran tentang tinta sablon ini meskipun masih harus memperdalamnya nanti tetapi minimal anda tahu tentang jenis tinta sablon rubber yang banyak beredar di pasaran dan anda tahu kegunaan masing-masing. Untuk melengkapi artikel ini silahkan baca artikel Pakdhe lainnya tentang bahan sablon ini di link berikut obat afdruk silahkan di klik saja tulisan tersebut.

Pakdhe stop dulu artikel ini disini dan silahkan buat catatan kecil untuk melengkapi catatan sebelumnya, tidak terasa ini sudah artikel ke 12 di kategori belajar sablon kaos manual dari nol. Semangat anda yang membuat Pakdhe senang berbagi disini, tunggu artikel selanjutnya.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Tinta sablon kaos manual | admin | 4.5