Desainer perlu tahu proses sablon kaos

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Desainer perlu tahu proses sablon kaos distro. Sablon kaos manual selalu melahirkan topik diskusi yang menarik untuk dibahas, bahkan kadang juga menimbulkan perdebatan yang keras antara masing – masing pihak, tetapi selama perdebatan itu bertujuan untuk perbaikan bersama dan bermanfaat bagi semua pihak, tentulah tidak apa – apa. Justru itu sangat bagus bagi kemajuan usaha sablon kaos manual dimasa yang akan datang. Salah satu topik hangat yang lagi menjadi trend topic di jaringan alumni kursus sablon kaos MK adalah tentang desain, dalam hal ini yang menjadi titik berat pembicaraan adalah tentang “seharusnya” seorang desainer tahu tentang proses sablon kaos manual,
apakah memang demikian, mari kita coba diskusikan hal itu disini.
 

Desain sablon kaos

Sebelum saya bahas lebih lanjut, perlu saya garis bawahi bahwa apa yang saya tuliskan disini adalah bukan kesimpulan dari diskusi tetapi hanya pendapat – pendapat yang mungkin bisa bermanfaat bagi yang saat ini membutuhkan. Desainer perlu tahu tentang tekhnik dan proses sablon kaos, demikian pernyataan ini disampaikan oleh seorang teman, selanjutnya adalah “kenapa” seorang desainer perlu tahu tentang proses sablon kaos manual. Ya, saya sependapat dengan pernyataan ini karena pada dasarnya seorang desainer selalu punya idealisme yang tinggi terhadap hasil karyanya dan tampilan hasil output yang “perfect” adalah harga mati disini, tetapi tentu tidak semua desainer seperti itu, meskipun seorang pengusaha sablon telah berusaha keras mengembangkan teknik dan pengetahuannya tingkat output dan proses sablon kaos manual kadang masih belum bisa menjawab keinginan serang desainer.Sebagai contoh adalah pada proses sablon kaos simulated color atau CMYK, kadang output hasil sablonannya mengalami penurunan sampai 25% dari gambar aslinya padahal si pelaksanan sablon kaos sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendaatkan hasil yang benar – benar mendekati aslinya dan kadang ini menjadi masalah yang serius. Kasus lain adalah tentang pewarnaan, output yang didapatkan pada sablon kaos mengalami perubahan atau penurunan warna yang tidak sesuai dengan tampilan dilayar monitor, ini juga persoalan yang harus dicermati dan perlu dibicarakan dengan “bahasa” yang sama agar kedua belah pihak tidak bersitegang menyikapi hal ini.
 

Solusi desain sablon kaos

Bagaimana menyikapi hal ini, bagaimana agar komunikasi terbangun dengan baik dan masing – masing pihak tidak dipusingkan dengan hasil akhir dari sebuah “project”. Ini cara yang biasa dipakai oleh para senior kita, saat saya belajar di Bandung, saya sempat bertemu dengan seorang yang sudah cukup lama bermain dibidang sablon kaos manual dan sangat berpengalaman meng-handle pesanan baik dari lokal maupun dari luar. Saat itu saya juga menanyakan hal yang sama pada beliau, dan dalam kesempatan diskusi yang sangat singkat itu ada nasehat yang sempat beliau sampaikan pada saya bahwa ada hal-hal penting yang harus kita sampaikan diawal kepada pihak konsumen yang akan memasukan order produksi agar semuanya disepakati didepan dan tidak ada komplain dibelakang setelah produksi kaos jadi, so, “kita jangan asal dapet duit saja, tetapi usahakan kita dapet duit dan konsumen kita puas” demikian beliau berkata waktu itu, apa saja yang penting untuk kita informasikan akan saya tuliskan dibawah ini,
  1. Usahakan untuk duduk bersama dan mendiskusikan desain sablon kaos yang akan masuk order ke tempat kita”. Maksudnya adalah bangun komunikasi awal dan coba samakan “bahasa” dan pemahaman.
  2. “Ceritakan tentang kapasitas kita apa adanya” kapasitas disini adalah menyangkut semuanya tentang kemampuan, tentang schedule dan lain-lain, jangan pernah malu untuk mengatakan saya belum mampu saat ini untuk memenuhi permintaan anda, lebih baik kita jujur daripada sok-sok an terima order tapi kerjanya asal – asalan.
  3. “Edukasi itu penting” kita harus bisa melihat dan menempatkan diri sesuai dengan kapasitas masing – masing jangan merendahkan orang yang belum tahu dan jangan merasa tinggi karena lebih tahu tentang sablon kaos. Edukasi yang dimaksud disini adalah pemberian informasi dan pengetahuan yang jelas, benar dan apa adanya (sesuai kapasitas kita pada konsumen). 

Sablon kaos manual dan persoalannya

Kaitannya dengan masalah edukasi diatas, yang perlu kita sampaikan adalah meliputi beberapa hal penting tentang teknik dan proses sablon kaos manual yang penting diketahui oleh konsumen kita yang antara lain adalah tentang hasil sablonan kaitannya dengan masalah bahan yang digunakan, teknik yang akan anda pakai untuk mengerjakan desain tersebut, kendala yang mungkin anda hadapi dengan desain tersebut dan kenapa bisa demikian, juga tentang penurunan hasil output jika diperbandingkan dengan tampilan dilyar monitor, dll. Semoga artikel ini membantu bagi yang membutuhkan khususnya para desainer sablon kaos distro, dan juga bagi anggota jaringan alumni kursus sablon kaos MK, tetap semangat dan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumen anda, salam.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Desainer perlu tahu proses sablon kaos | admin | 4.5