Sablon kaos modal minimalnya berapa

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

[video_scroll video=”1761″][/video_scroll]

Modal usaha sablon itu berapa modal minimalnya berapa ya mas? atau modal usaha sablon minimal untuk buka usaha sablon kaos manual itu berapa ya mas? ini adalah pertanyaan yang selalu saya terima setiap hari, beberapa artikel sudah saya buat untuk menjawab pertanyaan ini, tetapi sepertinya belum juga dipahami. Untuk itu lewat kesempatan ini saya akan coba bahas kembali, taruhlah pertanyaan itu kita simpulkan begini, agar bisa sablon kaos alat apa yang harus ada, seminimal mungkin?

Saya coba refresh kembali, dalam rangkaian proses sablon kaos dimulai dengan urutan pekerjaan sebagai berikut,

Pembuatan film sablon, jika membuat sendiri maka harus ada komputer dan printer. Kalau tidak punya dan tidak bisa buat film sendiri anda bisa order ditempat kami atau tempat seting film sablon lainnya. Berapa biaya buat beli komputer dan printer, tergantung! contoh saya beli 1 set komputer seharga Rp. 3.000.000,- dan printer yang saya pakai ukuran A3 Rp. 3.900.000,- total Rp. 6.900.000,-

Setelah film sablon ada selanjutnya anda akan masuk pekerjaan afdruk screen, rata-rata desain biasanya punya 4 sd 5 warna pada sablonannya, untuk itu minimal anda punya 4 sd 6 screen untuk bekerja atau belajar harganya 1 buah screen sablon kaos ukuran 40X50 sekitar Rp. 40.000,- jadi total butuh duit Rp. 200.000,- terus anda butuh obat afdruk, 1 kg obat ini bisa untuk lebih dari 30 screen harga Rp. 45.000,- yang cukupan, nah kemudian anda dihadapkan pada 2 pilihan mau afdruk pakai sinar matahari apa lampu, terus terang saya gak mau bahas soal afdruk dengan sinar matahari karena saya belum jadi ahli dalam hal itu 😀 tetapi kalau pakai lampu maka anda butuh yang namanya meja afdruk, meja afdruk ini bisa anda buat sendiri, kisaran biaya untuk ukuran A3 biasa dengan 3 lampu kurang lebih Rp. 300.000,- sampai disini anda sudah bisa melakukan proses afdruk screen sablon kaos.

Setelah afdrukan selesai anda harus melakukan penyemprotan pada area gambar dengan alat semprot yang biasa dipakai buat semprot burung kicauan atau biasa dipakai oleh tukang potong rambut 😀 harganya sekitar Rp. 22.500,- yang bagus.

Selesai proses pembentukan gambar maka screen bisa dikeringkan dan setelahnya proses sablon bisa dimulai, disini anda butuh alat penepat proses sablon kaos, papan kaos, lem untuk menempel kaos, tinta sablon, pewarna, rakel, alat bantu pengeringan biasanya pakai hairdryer nah rincian harganya kurang lebih begini biar mudah dipahami, alat sablon kaos paket 25 harga Rp. 575.000,- triplek untuk 25 papan kaos Rp. 225.000,- ,lem untuk menempel kaos Rp. 40.000,- rakel ukuran 35 cm sekitar Rp. 70.000,- tinta sablon import jenis white Rp. 68.000,- opaque Rp. 65.000,- pewarna 5 macam taruhlah Rp. 50.000,- ,hairdryer biasa sekitar Rp. 100.000,- peralatan lain seperti isolasi dan tempat aduk2 tinta gak usah kita hitung dulu.

Nah jika mau bagus dan kuat hasilnya tentu anda butuh mesin press kaos, tapi karena alat ini harganya sekitar Rp. 3.600.000,- maka nggak usah dimasukan dulu, ganti dulu dengan seterika.

Terus totalnya berapa? Kalau tanpa poin 1 dan poin 5 totalnya adalah Rp. 1.760.500,-

Demikian saya coba sajikan kembali perhitungan ini, dengan rincian itu anda sudah bisa kerjakan sablon kaos yang biasa-biasa saja atau umum, seperti ruber, superwhite, semacam itu. Semoga dengan bahasa yang sederhana dan saya tulis dalam keadaan ngantuk berat ini bisa membantu anda, nanti akan saya coba tambahin kalau ada yang kurang, okay. Dan kalau mau lebih mudah sebetulnya saya ada buku yang bisa anda beli buat belajar harganya Rp. 180.000,- disana dibahas mendetail tentang kebutuhan alat dan bahan sablon dijamin jiooossss wkkkk, okay bos-bos semua selamat belajar dan salam sablon kaos Indonesia.

Note : Artikel ini ditulis pada tahun 2012,

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Sablon kaos modal minimalnya berapa | admin | 4.5