Sablon digital vs sablon manual

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Sablon digital vs sablon manual – Ada muncul pertanyaan dari pembaca setia website saya ini tentang sablon kaos “apa perbedaan antara sablon digital dan sablon manual? dan diantara keduanya lebih bagus yang mana?” jika pertanyaan itu ditujukan kepada saya sebagai pribadi saya tentu akan menjawab lebih bagus sablon manual, tetapi akan lain ceritanya jika anda bertanya pada pelaku usaha sablon digital kemungkinan besar mereka akan menjawab lebih bagus sablon digital. Nah, untuk mencoba memberikan jawaban yang pas untuk atau minimal mendekati kenyataan dilapangan tentang pertanyaan ini saya mencoba menghubungi seorang teman yang kebetulan beliau berprofesi sebagai event organizer di Yogyakarta dan paling banyak order kaos dengan kedua jenis pengertian sablonan ini.

Dari hasil diskusi dengan beliau pertama kali muncul pendapat yang unik tentang istilah sablon digital dan sablon manual, demikian pendapat beliau “Saya pribadi tidak sependapat dengan istilah sablon digital karena sablon adalah proses cetak saring dengan menggunakan media screen sedangkan dalam digital itu lebih tepat disebut sebagai proses cetak kaos digital”. Dari sini kami merubah istilah menjadi sablon manual dan cetak kaos digital untuk kemudian kita diskusi lagi. Dari kesimpulan yang bisa saya tangkap baik itu cetak kaos digtal, sablon manual atau kombinasi keduanya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Namun yang paling utama bisa diperbandingkan secara langsung adalah masalah keawetan dan kecepatan.

Cetak kaos digital jelas lebih cepat dibandingkan dengan sablon kaos manual, ini berarti dari sisi kecepatan cetak sablon digital bisa dibilang lebih unggul, diluar jenis cetak kaos sublimation, cetak kaos digital sering dinilai kurang tahan lama jika dibandingkan dengan sablon kaos manual naa, disini sablon manual punya poin lebih dibandingkan dengan cetak digital. Cetak kaos digital lebih mudah dipelajari dan lebih cepat dalam proses persiapan usahanya, dalam hal ini saya juga sependapat. Kemudian minat terhadap jenis kaos masih lebih besar pada sablon manual daripada cetak kaos digital, ini saya juga sependapat.

Dari beberapa hal yang saya sebutkan diatas bisa kita simpulkan bahwa masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, dan masing-masing juga punya pasar sendiri-sendiri, cetak kaos digital lebih condong kepada sesuatu yang butuh cepat, jumlah kecil bahkan satuan dan detail desain yang harus sepenuhnya dipegang, sedangkan sablon manual lebih condong pada masalah ketahanan dan frekuensi penggunaan. Tapi ada yang menarik pada cetak kaos digital atau sablon digital yaitu pada proses tinta sublimation, saya pribadi sangat suka dengan proses sablon kaos digital yang satu ini karena mudah, cepat, detail dan awet, tetapi sayangnya hanya bisa dipergunakan untuk kain jenis polyester saja.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Sablon digital vs sablon manual | admin | 4.5