Fungsi utama dari rakel sablon kaos

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos

Dalam artikel kali ini akan kita bahas tentang rakel sablon kaos, yang merupakan mitra utama dari screen dan masuk dalam kategori peralatan utama dan pokok. Fungsi utama nya adalah untuk menurunkan atau menggesut tinta pada screen ke media. Rakel untuk sablon pada umumnya terbuat dari bahan sintetik. Jenis bahan sintetik yang banyak dipakai dalam membuat alat ini diantaranya adalah jenis Polyrethane atau Polyviyl. Polyurethane ini mempunyai keistimewaan tersendiri salah satunya adalah sifatnya yang cukup kuat dan termasuk sangat tahan terhadap kelembaban udara hal ini menyebabkan rakel ini akan menjadi lebih awet.

rakel sablon kaos

Setelah sedikit mengenal tentang bahan mari kita lanjutkan dengan membahas bersama tentang jenis rakel untuk sablon kaos yang banyak dijual dipasaran atau di toko-toko sablon, sekaligus dengan fungsi masing-masing dan kegunaannya. Salah satu jenis rakel sablon yang sering kita temui adalah jenis rakel yang lunak. Rakel untuk yang sablon lunak ini merupakan salah satu jenis dari rakel yang banyak digunakan untuk pengerjaan proses sablon yang memerlukan banyak tinta. Selanjutnya adalah jenis rakel keras, jenis rakel ini banyak digunakan untuk pengerjaan jenis sablonan yang membutuhkan output yang detail, halus dan presisi.

Selanjutnya dalam memilih rakel ini selain dari sifatnya seperti yang telah kita bahasa diatas, dipasaran kita juga bisa menemukan beberapa perbedaan rakel untuk sablon yang dijual dari segi bentuk penampang yang digunakan untuk menurunkan tinta pada screen sablon ke media sablon. Dari sisi bentuk ujung rakel ini ada beberapa macam rakel yang umum dipasaran, seperti rakel sabon tumpul yaitu rakel yang penampangnya datar, rakel sablon kaos setengah bulat seperti namanya maka rakel untuk sablon ini memiliki penampang berbentuk setengah lingkaran. Selanjutya ada juga rakel untuk sablon yang lancip, sesuai dengan sebutannya rakel sablon ini mempunyai penampang yang lancip. Masih dalam bentuk lancip ada juga rakel lancip ujung datar dimana bentukannya adalah seperti rakel sablonlancip yang sudah kita sebutkan sebelumnya tetapi pada permukaan utamanya rata. Kemudian rakel miring dimana salah stu sisi rakel lurus dan sisi lainnya ada kemiringan. Kemudian yang terakhir adalah rakel untuk sablon berbentuk kotak, rakel sablon ini berbentuk kotak persegi panjang utuh tanpa ada sisi kemiringan dibagian samping luarnya.

Memilih dan membeli rakel sablon kaos

Banyak ditanyakan oleh teman-teman, bagaimana sih cara membeli dan memilih rakel? cara pengecekan rakel sablon yang banyak dilakukan dan paling sederhana adalah dengan memperhatikan dengan teliti sisi tajam dari rakel sablon. Rakel sablon haruslah lurus dan tidak boleh melengkung. Selanjutnya anda bisa memilih tangkai kayu yang cukup baik, ringan, keras dan tidak mudah berubah bentuk. Atau jika memungkinkan anda bisa sekalian beli tangkai rakel sablon yang aluminium agar lebih tahan lama dan awet. Demikian pembahasan tentang rakel sablon ini semoga bermanfaat, terima kasih. Pelajari juga tentang alat alat sablon lainnya.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Fungsi utama dari rakel sablon kaos | admin | 4.5