Sablon baju

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Sedikit refresh saja tentang bahasan materi sablon baju, artikel ini saya tulis ulang untuk membantu anda yang kesulitan dalam mencari artikel tentang urutan proses menyablon baju untuk refferensi persiapan usaha anda. Pada dasarnya ada enam tahapan utama yang perlu anda pahami dan pelajari sebelumnya yatu seting gambar, persiapan untuk proses afdruk, proses afdruk, proses sablon baju, finishing dan pembersihan screen.

1. Seting gambar
Apa saja yang harus anda lakukan dalam tahap sablon kaos ini, pertama anda harus mempunyai gambar yang akan dicetak sablon, setelah gambar ada kemudian lakukan proses pembuatan flm, psahkan masing – masing warna warna sesuai jumlah warna yang ada, untuk membantu pekerjaan anda, anda dapat menggunakan software coreldraw dan photoshop.

2. Persiapan afdruk screen
Tahap persiapan screen sablon baju meliputi kegiatan pembersihan dan mempersiapkan screen. Dalam pembersihan dan persiapan screen peralatan yang dibutuhkan antara lain sabun colek, semprotan air, busa dan remover. Urutannya adalah pertama-tama screen sablon kita bersihkan dengan cara dicuci menggunakan air dan sabun kemudian kita gosok dengan menggunakan kain spon. Setelah kita cuci bersih, screen harus kita keringkan dengan cara menjemurnya di sinar matahari, hal ini sangat – sangat pentng karena sebelum di afdruk screen harus benar-benar bersih dan kering.

3.Proses afdruk
Dalam tahap ini yang akan kta lakukan adalah, pengolesan obat afdruk, penyinaran dan pembentukan film pada screen untuk sablon baju. Dalam tahap pengolesan obat afdruk kita membutuhkan alat-alat utama yatu screen untuk sablon baju, obat afduk, kipas angin atau har dryer dan perata obat afdruk di screen sablon baju kita. Langkah – langkahnya adalah, pertama kita siapkan obat afdruk, campur cairan merah (senzitizer) dan pasta putih sesuai dengan ketentuan yang ada dibuku sablon baju saya. Setelah obat afdruk keduanya tersebut tercampur rata tuang sedikit demi sedikit pada screen sablon baju yang telah kta sapkan dan ratakan dengan alat perata setipis-tipisnya, setelah benar – benar rata kemudian screen sablon baju tersebut kita keringkan dengan menggunakan har dryer atau kipas angin. saat proses pengeringan ini screen sablon baju yang telah diolesi obat afdruk ini tidak boleh terkena sinar matahari langsung untuk itu dianjurkan pengeringan di ruang tertutup. setelah screen sablon baju itu kering  selanjutnya kita memasuki tahap penyinaran, khusus dalam artikel ini saya akan coba bahas teknik penyinaran dengan matahari, alat yang kita sapaka adalah, kaca, film, screen yang telah diolesi obat afdruk, karton hitam, busa dan papan.

Ambil papan kemudian letakkan busa di atas papan, datasnya kita taruh karton hitam kemudian kita ambil screen yang telah kita siapkan dan letakkan screen diatas karton hitam diatas screen kita letakkan film sablon yang telah kta buat, sebelumny olesi dengan minyak gareng agar tembus sinar, dan terakhir letakkan kaca diatas screen. untuk lebih mudah dan jeas perhatikan urutan ini (dari bawah ke atas) :

  1. Papan
  2. Busa screen
  3. Karton berwarna hitam
  4. Screen sablon baju
  5. Film sablon
  6. Kaca

Sinari selama 3 sd 5 detik, jangan kelamaan, setelah selesai segera kta bongkar dan kta bentuk gambarnya dengan cara disemprot dengan air. Dalam pencucian kita membutuhkan alat penyemprot, alat ini digunakan untuk membersihkan obat yang tersisa di sela-sela gambar yang terdapat pada screen.

4.Proses sablon baju
Dalam tahapan ini alat-alat yang dibutuhkan adalah screensablon baju yang telah kita siapkan, alat sablon presisi model frame atau yang lainnya, papan buat tempel bahan, tinta sablon, rakel alat gesut, media sablon baju. Langkah-langkahnya pertama ambil screen dan seting pada alat sablon kita, kemudian seting pada baju atau kaos, sapakan bahan atau tinta, gesutkan tnta pada screen.

5. Finishing
Agar hasil sablonan kuat terutama jka sablon baju anda menggunakan bahan – bahan import, lakukanlah proses finishing dengan cara dipress dengan mesn press khusus sablon baju atau kaos manual. Selain hasil sablonan baju menjadi kuat, juga hasil sablonan baju anda akan menjad halus. Jka belum punya anda bisa menggunakan seterika untuk membantu proses finishing sablon baju anda.

6. Penghapusan film
Dalam tahap penghapusan hasl afdrukan pada screen sablon baju anda ini kita membutuhkan obat pencuci yang biasa disebut remover. Cara membersihkannya adalah basahi screen dengan air lalu tuang obat pencuci screen atau remover ini pada screen dan gosok dengan menggunakan kain spon, setelah itu bilas dan keringkan dengan cara dijemur di sinar matahari.

Demikian artikel tentang sablon baju ini kembali saya tulis untuk membantu anda yang saat ini sedang belajar sablon baju dengan cara manual. Untuk detail langkah – langkah masing tahap bisa anda lihat dan baca di artikel saya lainnya di website ini. Untuk pemesanan alat sablon kaos presisi model frame anda bisa segera menghubungi CS kami, jika stok kosong anda bisa inden terlebh dahulu. Harap maklum alat sablon baju presisi model frame saat ini sedang banyak dicari karena terbukt sangat presis, mudah dalam penggunaan dan murah. Jangan lupa baca juga tulisan saya tentang rakel sablon.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Sablon baju | admin | 4.5