Test cuci

Advertisement
tempat-jual-pola-kaos-distro-murah-oblong-dan-polos
Sablon kaos manual, sedikit saran buat teman-teman yang suka berpetualang dengan gonta-ganti jenis tinta, pewarna, binder dll. Jangan lupa, selalu lakukan test cuci. Mencegah lebih baik daripada mengobati, demikian sering kita mendengar saran agar kita melakukan pencegahan dini dari akibat yang lebih fatal. Beberapa waktu yang lalu salah satu peserta pelatihan sempat kebingungan karena harus menukar 88 buah kaos pesanan dari Bali karena hasil sablon kaos rontok. Segawat itukah ???
mari kita coba ikuti alur ceritanya berikut ini, saat mendapatkan order membuat sablonan dengan tinta metalic sejumlah 88 buah kaos dari Bali seperti biasanya teman kita ini langsung belanja kebutuhan untuk pengerjaan order tersebut, sesampainya di toko alat sablon dia belanja bahan-bahan yang dibutuhkan. Saat mau pulang dia melihat ada sabloners lain yang belanja juga kebutuhan bahan sablon untuk sablon metalic. Singkat kata terjadilah diskusi ringan diantara keduanya yang sampai pada kesimpulan bahwa orang yang ditemuinya di toko bahan sablon ini membeli bahan untuk sablon metalic lebih murah dan katanya hasilnya cukup bagus. Jika ada yang lebih murah dan hasilnya bagus, kenpa harus beli yang mahal, itulah yang ada dipikiran teman kita saat itu, langsung dia menukar belanjaannya dengan barang seperti yang dibelanja teman barunya tadi. Diapun pulang dan proses sablon kaos pun dimulai. Terjadi sedikit perbedaan memang pada prosesnya tapi karena tidak begitu bermasalah proses pengerjaan 88 kaos itupun dilanjutkan.Proses sablon selesai, press dan masuk jahit, kemudian sehari setelah itu kaos jadi diserahkan ke pemesan.
Apa yang terjadi sehari setelah pesanan diserahkan, konsumen yang memesan komplain karena ada sebagian kaos yang sudah dicuci (sebelum dipakai) hasil sablonannya “rontok kulitan” ,rontok kulitan adalah istilah untuk sablonan yang kalau dicuci pertama kali sablonan menjadi tipis karena mengelupas sedikit-sedikit tetapi tidak rontok total. Saat itu juga dia telephon kami, dan kami sarankan untuk menjaga nama baik bagaimanapun caranya harus diganti, tapi sebelumnya ambil dulu kaos lainnya untuk sama-sama dilihat seperti apa sebenarnya hasil akhirnya. Setelah diskusi dan coba melihat pokok permasalahnya, karena kami juga pernah mengalami maka kami coba bantu kasih solusi dengan press ulang basah, dengan suhu mesin press sedikit ditambah dan Alhamdulillah hasilnya baik. Ternyata untuk tinta dan binder yang dia pakai saat ini membutuhkan pengeprsan sedikit lebih lama dan lebih tnggi suhunya.
Untuk para sabloners semua, hal semacam ini tidak ada teorinya, anda mungkin bisa bilang “kenyataannya saya selama ini nggak pernah ada masalah tuhhh” ,”aman-aman saja nggak pernah ada komplain” ,dll. Ya saya setuju, mungkin anda belum mengalami saat ini atau anda mendapatkan konsumen yang pasif sehingga ketika sesuatu terjadi mereka tidak mencoba komplain. Tetapi menurut saya tidak ada salahnya kita mengantisipasi segala sesuatunya untuk menjaga kelangsungan usaha sablon kaos kita. Dalam panduan penggunaan tinta import pun selalu direkomendasikan untuk melakukan test cuci untuk melihat kecocokan tinta terhadap bahan dan kesesuaian proses. Jika ada manfaatnya silahkan dipakai, jika tidak mohon maaf telah membuat anda membuang waktu membaca artikel ini :-D. Salam.

Artikel sablon kaos terkait:

Advertisement
tempat-kursus-jahit-kaos-distro-jogja-private-murah-di-margo

Sponsored Link:

loading...
Test cuci | admin | 4.5